Warga Thailand Kenang Raja Bhumibol Adulyadej dengan Tato

Tato Raja Bhumibol Adulyadej di Thailand. (Foto: Wasawat Lukharang/BBC)

Tato Raja Bhumibol Adulyadej di Thailand. (Foto: Wasawat Lukharang/BBC)

BANGKOK – Bak gajah mati meninggalkan gadingnya, begitulah Raja Thailand Bhumibol Adulyadej jasanya terpatri lekat di benak segenap rakyatnya. Sosoknya yang berkuasa selama tujuh dekade terakhir, seolah tak tergantikan. Bahkan tidak oleh putranya, Maha Vajiralongkorn (64), maupun abdi setianya, Jenderal Prem Tinsulanonda (96).

Agar ingatan tentang Raja Bhumibol tidak menguap begitu saja, beberapa warga Thailand memutuskan untuk menato tubuh mereka dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan pria kelahiran 5 Desember 1927 tersebut.

Fotografer BBC, Rabu (19/10/2016) mengungkap, ketika mendatangi tempat-tempat yang meyediakan jasa tato di Bangkok, mereka tampak begitu sibuk. Usut punya usut, kesibukan tersebut telah dimulai sejak kabar meninggalnya sang Raja pada 13 Oktober menggemparkan negeri.

“Banyak pelanggan datang dan meminta ditato sebuah pernyataan bahwa mereka ‘terlahir pada rezim Raja Rama IX’ –gelar Raja Bhumibol. Kebanyakan masyarakat Thailand tidak mengenal penguasa monarki selain Raja Bhumibol. Beliau juga dipandang sebagai sosok yang membawa stabilitas bagi negara yang sering diguncang prahara politik tersebut,” demikian fotografer BBC, Wasawat Lukharang melaporkan.

Tidak hanya tulisan, banyak warga meminta diukirkan wajah sang Raja di lengan dan bagian tubuh lainnya. Penyedia jasa tato di Jalan Sukhumvit dan Pusat Perbelanjaan Shiam mengatakan, pemesan tato Raja Bhumibol lintas umur dan gender. Bahkan, ada pelanggan yang belum pernah ditato, datang demi menghormati kematiannya.

Harga untuk setiap tato Raja Bhumibol bervariasi, tergantung pada kerumitan gambar yang diminta. Wasawat menemukan, harganya bisa mencapai 1.000 baht atau Rp373.486,75. Ada juga yang mengenakan tarif unik, seperti sembilan baht saja atau 99 baht, sesuai urutan Bhumibol, yakni Raja ke-9 Thailand.

Foto: Tato di atas artinya ‘saya bersumpah menjadi pelayan setia (Raja Bhumibol) seumur hidup’.

Foto: Tato di atas adalah ukiran angka sembilan dalam aksara Thailand.

(Sil)
breaking news x