Empat Orang Ditangkap atas Kebakaran Rumah Sakit di India

Kebakaran melanda Rumah Sakit Sum di Bhubaneswar, India (Foto: AFP)

Kebakaran melanda Rumah Sakit Sum di Bhubaneswar, India (Foto: AFP)

BHUBANESWAR – Kebakaran melanda Rumah Sakit (RS) Sum di Bhubaneswar, negara bagian Odisha, India. Sedikitnya 24 orang tewas dalam insiden yang terjadi pada Selasa 18 Oktober 2016 dini hari waktu setempat. Empat orang ditangkap atas insiden kebakaran tersebut.

Petugas pemadam kebakaran meyakini kebakaran disebabkan oleh hubungan arus pendek listrik dari bangsal dialisis di lantai dua RS. Ada pun empat orang yang ditangkap adalah seorang pengawas rumah sakit, seorang petugas keamanan kebakaran, dan dua petugas kelistrikan.

“Mereka didakwa dengan tindakan pembunuhan dan kelalaian yang mengakibatkan kematian. Kemungkinan besar masih akan ada lagi yang ditangkap,” ujar Komisaris Kepolisian Bubhaneswar, Yogesh Khurania, seperti dimuat BBC, Rabu (19/10/2016).

Komisi Bersama dari Direktorat Pelatihan dan Pendidikan Medis (DMET) langsung menerbitkan dua laporan bagi kepolisian kepada pihak rumah sakit. Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Keluarga Odisha, Atanu Sabyasachi Nayak, menyampaikan RS Sum diduga melanggar ketentuan hukum sesuai Peraturan Daerah (Perda) Odisha tahun 1992 tentang Pembangunan Klinik Medis.

Pihak Pemadam Kebakaran menduga kelalaian dilakukan oleh sebagian otoritas rumah sakit dan terjadi pelanggaran prosedur keselamatan kebakaran. Peralatan pemadam dan persediaan air yang dibutuhkan tidak memadai untuk rumah sakit sebesar itu sesuai dengan panduan keamanan yang diterbitkan kepada rumah sakit dan klinik oleh pemadam kebakaran pada 2013.

Direktur Pemadam Kebakaran, Binay Behera, mengatakan bahwa laporan dari jajarannya akan segera diserahkan kepada pemerintah pusat dan daerah secepatnya. Otoritas Negara Bagian Odisha memastikan semua korban tragedi kebakaran tersebut akan mendapatkan keadilan.

(war)
breaking news x