Hari Ini, Badai Super Haima Terjang Filipina

Ilustrasi. (Foto: Reuters/NASA)

Ilustrasi. (Foto: Reuters/NASA)

MANILA – Belum sampai sepekan sejak dihantam angin topan berkekuatan besar Sarika atau yang juga dikenal sebagai badai Karen, Filipina kembali menghadapi ancaman terjangan fenomena cuaca berikutnya, badai super Haima. Seperti juga Sarika, badai Haima datang dengan membawa hujan lebat yang berpotensi menimbulkan banjir dan longsor di Pulau Luzon.

Badai super Haima yang memiliki kecepatan angin hingga 270 kilometer per jam (km/j) dikategorikan sebagai badai kategori 5. Ahli meteorologi Taylor Ward mengatakan, Haima merupakan badai ketiga paling kuat musim ini.

“Karena badai ini sangat kuat di mana, atau jika badai itu mendarat di Filipina akan sangat penting. Daerah di sekitar pusat badai akan menerima kerusakan ekstrem dari angin juga dari gelombang akibat badai,” kata Ward sebagaimana dilansir dari CNN, Rabu (19/10/2016).

Melihat pergerakan badai, Haima akan mendarat di Luzon pada Rabu tengah malam Kamis pagi waktu setempat. Setidaknya 2,7 juta warga di tujuh Provinsi di Filipina diperkirakan akan terpengaruh dampak dari badai Haima.

Dari Filipina, Haima diramalkan akan bergerak ke barat laut dan menerjang pantai China pada Jumat mendatang. Pada saat itu kekuatan badai telah melemah meski masih menimbulkan ancaman banjir.

(dka)
breaking news x