Wali Kota West York Samakan Obama dengan Orangutan

Wasko (kiri) dan {meme} rasisme terhadap Obama. (Foto: Facebook)

Wasko (kiri) dan {meme} rasisme terhadap Obama. (Foto: Facebook)

PENNSYLVANIA – Charles Wasko, Wali Kota West York, kota kecil di Pennsylvania, mengundurkan diri (resign) setelah postingan meme-nya di media sosial menuai kecaman. Pesan yang diunggahnya ke Facebook tersebut dinilai publik sebagai hinaan rasisme terhadap Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan keluarganya.

Dewan Kehormatan West York mengonfirmasi kebenaran kabar ini dan sudah menerima surat pengunduran diri Wasko per Senin 17 Oktober 2016 malam waktu setempat. Sementara pelepasan statusnya sebagai wali kota baru akan diaktifkan pada Jumat 21 Oktober mendatang.

“Kabar baiknya adalah, kita bisa move on dan menangani kecaman tersebut dengan baik. Selain juga terus berupaya meredam luka yang dirasakan komunitas kita (karena meme tersebut) dan membangun West York yang lebih baik,” ujar Ketua Dewan Kehormatan West York, Shawn Mauck, seperti disitat dari Independent, Rabu (19/10/2016).

Mauck sendiri menyesali tindakan yang dilakukan sang wali kota. Dia khawatir, aksi Wasko dapat menurunkan perekonomian dan reputasi kota. Untuk sementara waktu, Mauck akan berperan sebagai wali kota sampai masa jabatan Wasko berakhir pada 21 Desember 2017.

Meme bermasalah yang dimaksud adalah gambar sekeluarga orangutan diangkut di atas kereta pengangkut semen. Keterangan yang membuat meme tersebut dipastikan merujuk kepada Obama adalah, tulisan Kenya pada kereta tersebut dan kalimat, “Aww..hari kepindahan ke Gedung Putih akhirnya tiba.”

Pesan bernada SARA semacam itu, sudah dilancarkan Wasko sejak Agustus 2015. Di antaranya, ada sebuah posting-an yang menyebut para Muslim sebagai pedofil dan menyalahkan kebijakan kontrol senjata sebagai penyebab holocaust.

(Sil)
breaking news x