Dua Astronot China Mendarat di Stasiun Luar Angkasa

Jing Haipeng dan Chen Dong menyapa lewat kamera di Stasiun Luar Angkasa Tiangong 2 (Foto: Ju Zhenhua/Associated Press)

Jing Haipeng dan Chen Dong menyapa lewat kamera di Stasiun Luar Angkasa Tiangong 2 (Foto: Ju Zhenhua/Associated Press)

BEIJING – Pesawat antariksa China Shenzhou 11 sukses mendarat dengan selamat di Stasiun Luar Angkasa Tiangong 2. Kedua astronot Jing Haipeng dan Chen Dong juga telah memasuki stasiun luar angkasa tersebut.

Seperti dimuat The Guardian, Rabu (19/10/2016), sesuai jadwal misi luar angkasa tersebut, kedua astronot akan berada di Stasiun Luar Angkasa Tiangong 2 selama 30 hari. Keduanya total menghabiskan 33 hari di luar angkasa. Catatan tersebut akan menjadi misi luar angkasa terlama bagi China sepanjang sejarah.

Negeri Tirai Bambu pernah melakukan misi serupa pada 2013. Namun, tiga astronot yang ditugaskan hanya menghabiskan waktu selama 15 hari di orbit bumi. Mereka juga hanya beraktivitas di laboratorium luar angkasa China, Tiangong 1.

China menjadi negara ketiga di dunia setelah Amerika Serikat (AS) dan Rusia yang berhasil menyelesaikan pertemuan dan prosedur pendaratan di stasiun luar angkasa. Pengembangan program luar angkasa adalah prioritas bagi Beijing yang sejalan dengan permintaan Presiden Xi Jinping untuk membangun China sebagai negara penguasa luar angkasa.

Negeri Tirai Bambu selama ini bekerja keras mengembangkan program luar angkasa mereka untuk kepentingan militer, komersial, dan ilmu pengetahuan. Namun untuk menjadi penguasa luar angkasa, China masih harus mengejar ketertinggalan dari Rusia dan AS.

Kementerian Pertahanan AS pun menyoroti peningkatan kemampuan luar angkasa China tersebut. Negeri Paman Sam menganggap Negeri Panda tengah melakukan aktivitas yang bertujuan mencegah negara lain menggunakan aset luar angkasanya. Akan tetapi, China bersikeras menyebut program luar angkasanya memiliki tujuan perdamaian.

Pesawat antariksa Shenzou 11, yang berarti “Kapal Suci”, membawa tiga buah hasil percobaan dari siswa sebuah sekolah menengah di Hong Kong. Hasil percobaan tersebut telah melewati proses seleksi dalam kompetisi ilmu pengetahuan. Salah satu percobaan adalah membawa ulat sutera hidup-hidup ke luar angkasa.

(war)
breaking news x