Presiden Jokowi Tuai Pujian atas Diplomasi Damai Palestina

Presiden Jokowi tuai pujian atas inisiatifnya damaikan konflik Palestina. (Foto: dok. OIC-ES 2016)

Presiden Jokowi tuai pujian atas inisiatifnya damaikan konflik Palestina. (Foto: dok. OIC-ES 2016)

TASHKENT – Kiprah politik luar negeri Presiden RI Joko Widodo kembali menuai pujian saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerjasama Islam (KTT OKI) reguler tingkat menteri luar negeri ke-43 di Tashkent, Uzbekistan. Pujian yang dimaksud, antara lain datang dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) OKI Iyaad Madani, serta Menlu Palestina dan Kuwait selaku ketua penyelanggara KTT OKI tingkat menteri kali ini.

Dilansir dari situs resmi Kemlu RI, Rabu (19/10/2016), Madani mengapresiasi tinggi inisiatif pemerintahan Jokowi dalam upaya menciptakan perdamaian atas konflik yang telah berlangsung begitu lama di Palestina. Pria berdarah Arab Saudi itu menyebut, penyelenggaran KTT Luar Biasa OKI ke-5 di Jakarta pada Maret lalu merupakan sebuah terobosan yang mengingatkan kembali pentingnya penyelesaian situasi konflik di Timur Tengah secara menyeluruh.

Penyelenggaraan KTT OKI tingkat menlu adalah pertemuan tahunan yang membahas berbagai isu tematik di negara-negara Islam. Tahun ini, konferensi mengangkat tema ‘Education and Enlightment: Path to Peace and Creativity’, yang berfokus pada isu pendidikan sebagai pintu masuk terciptanya perdamaian yang menunjang inovasi dan kreativitas.

KTT OKI yang dihadiri oleh 24 menlu tersebut telah dibuka oleh Presiden interim Uzbekistan, Shaukat Mirziyoyev pada Senin 18 Oktober 2016. Dalam kata sambutannya, Presiden Mirziyoyev mengingatkan kembali peran penting negara Islam dalam sejarah peradaban manusia. Khususnya dalam hal pendidikan, banyak ilmuwan Islam yang berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

(Sil)
breaking news x