Kapal Induk dan Perusak Nuklir Rusia Dekati Terusan Inggris

Konvoi kapal perang Rusia terpantau di lepas pantai Norwegia pada 17 Oktober 2016. (Foto: Reuters)

Konvoi kapal perang Rusia terpantau di lepas pantai Norwegia pada 17 Oktober 2016. (Foto: Reuters)

LONDON - Kapal induk Rusia memimpin armada kapal angkatan laut Rusia menuju ke Terusan Inggris dalam perjalanan menuju ke Suriah. Konvoi yang terdiri dari tujuh kapal itu sebelumnya terpantau di lepas pantai Norwegia pada Senin dan diperkirakan telah menempuh rute melalui Laut Utara, Selat Dover dan Terusan Inggris sebelum mengarah ke selatan menuju Laut Mediterania.

Diwartakan Independent, Rabu (19/10/2016), kapal induk bertenaga nuklir Admiral Kuznetsov membawa jet tempur, pesawat pengintai, helikopter perang, dan rudal jelajah yang akan memperkuat serangan udara Rusia terhadap kelompok pemberontak di Suriah. Kapal kebanggaan Rusia itu dikawal oleh battlecruiser Pyotr Veliky, kapal perusak Vice Admiral Kulakov dan Severomorsk dan beberapa kapal perbekalan. Keterangan dari Kementerian Pertahanan Rusia menjelaskan, kapal-kapal itu adalah bagian dari armada utara.

Pengerahan armada utara ke Suriah dilakukan Presiden Vladimir Putin di tengah ketegangan yang semakin memuncak dengan negara-negara Barat terkait keterlibatan Rusia di Suriah. Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu telah mengumumkan kapal induk Admiral Kuznetsov akan menambah kapabilitas Rusia di sana bersama dengan 10 kapal Negeri Beruang Merah lainnya.

Pergerakan kapal-kapal ini di perairan Inggris akan terus dipantau oleh angkatan laut kerajaan dan militer NATO.

(dka)
breaking news x