Militer Irak Desak ISIS di Mosul Kibarkan Bendera Putih

Foto Letnan Jenderal Talib Shaghati (Foto: PA)

Foto Letnan Jenderal Talib Shaghati (Foto: PA)

MOSUL – Seorang pejabat militer Irak mendesak agar para anggota ISIS di Mosul untuk melucuti senjata mereka dan mengibarkan “bendera putih” (menyerahkan diri). Desakan ini disampaikan ketika pasukan Irak terus menggempur wilayah di sekitar Mosul untuk membebaskan kota itu dari cengkraman ISIS.

Sebagaimana dikutip dari USA Today, Rabu (19/10/2016) Letnan Jenderal Talib Shaghati mengatakan bahwa terdapat lebih dari 6.000 anggota ISIS yang berada di dalam Mosul. Namun, ia tidak memberikan angka spesifik mengenai berapa jumlah anggota ISIS yang berasal dari luar negeri yang berada di Mosul.

Disinyalir permintaan menyerahkan diri ini disampaikan Shaghati agar tidak banyak jatuhnya korban jiwa, baik dari ISIS, pasukan Irak, serta warga sipil pada operasi pembebasan Mosul.

Selain itu otoritas Kurdi dan Irak saat ini telah membangun kamp pengungsi yang berjumlah sedikitnya 5.000 tenda di wilayah timur dari Mosul. Kamp-kamp ini dikabarkan dibangun untuk persiapan meningkatnya pengungsi dari Mosul yang melarikan diri ketika kota itu digempur oleh militer Irak.

Manajer proyek kamp pengungsi tersebut, Prezzo Mikael menyebut hampir semua kamp sudah selesai dibangun dan sudah dilengkapi dengan air yang mengalir, makanan serta listrik.

(emj)
breaking news x