Bareskrim Periksa Perwira Penerima Dana Narkoba dari Akiong

Bareskrim Polri (Foto: Ilustrasi)

Bareskrim Polri (Foto: Ilustrasi)

 

JAKARTA - Divisi Profesi dan Pengamanan Polri telah melimpahkan perkara dugaan aliran dana dari terpidana mati kasus narkoba Chandra Halim alias Akiong kepada perwira menengah (pamen) berinisial AKBP KPS senilai Rp668 juta kepada Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto memastikan penyidik akan segera melakukan pemeriksaan terhadap AKBP KPS. "Pasti (diperiksa) itu, pasti. Hasil pemeriksaan Propam seperti apa, yang jadi kajian sebagai rencana pemeriksaan untuk dimintai keterangan terhadap yang bersangkutan," kata Ari di Gedung Bhayangkari Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (19/10/2016).

Temuan aliran dana dari Akiong kepada AKBP KPS ini terungkap saat Tim Pencari Fakta Gabungan (TPFG) menyelidiki kebenaran testimoni dari almarhum terpidana mati Freddy Budiman yang disampaikan kepada Koordinator KontraS, Haris Azhar.

Selama satu bulan bekerja, TPFG tidak menemukan adanya dugaan aliran dana senilai Rp90 miliar kepada pejabat tertentu di Mabes Polri sebagaimana nyanyian Freddy. Namun, yang ditemukan adalah fakta lain terkait aliran dana dari Akiong kepada AKBP KPS senila Rp668 juta.

(Ari)
breaking news x