Akibat Demo Kenaikan UMP DKI, Kemacetan Mengular 10 Kilometer

Kemacaten terjadi di jalanana Lapangan Banteng arah Tugu Tani (Foto: Ferio/Okezone)

Kemacaten terjadi di jalanana Lapangan Banteng arah Tugu Tani (Foto: Ferio/Okezone)

JAKARTA - Akibat adanya demo buruh menuntut kenaikan upah minimum provinsi (UMP) di depan Kantor Disnaker DKI Jakarta, jalanan dari Lapangan Banteng menuju arah Tugu Tani macet total.

Pantauan Okezone, kemacetan yang terjadi didominasi kendaraan roda dua dan empat. Ribuan kendaraan mengular sekira ‎10 kilometer.

Kepolisian berusaha mengurai kemacetan dengan memberlakukan pengalihan lalu lintas bagi kendaraan dari arah Medan Merdeka Selatan yang hendak menuju Tugu Tani harus melalui Masjid Istiqlal, kemudian ke arah Lapangan Banteng.

"Iya ini ada demo buruh di Patung T‎ani, jadi macet," ujar salah satu petugas yang berjaga di pertigaan, tepat di depan Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016).

Saat ini, para buruh‎ masih berada di depan Patung Tani menunggu hasil sidang yang mengagendakan penetapan besarnya UMP DKI Jakarta pada 2017‎.

Sebelumnya, massa buruh melakukan demonstrasi di depan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) DKI Jakarta. Mereka menuntut dinaikkannya upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta dari Rp3,1 juta menjadi Rp3,8 juta.

"Kita minta Rp3,8 juta," teriak orator dari atas mobil komando di lokasi.

(ulu)
breaking news x