Polemik Sel Jessica, AKBP Barnabas: Saya Enggak Pernah Kasih Foto

(Foto: Ist)

(Foto: Ist)

JAKARTA - Direktur Perawatan Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya, AKBP Barnabas menegaskan dirinya memberikan foto-foto ruangan mewah yang disebut-sebut sebagai 'hunian' Jessica Kumala Wongso saat ditahan di Mapolda Metro Jaya.

"Oh saya enggak tahu. Saya enggak pernah kasih foto apapun ya. Saya enggak tahu itu," kata Barnabas saat dikonfirmasi, Rabu (19/10/2016).

Namun, Barnabas membenarkan bahwa terdakwa pembunuh Wayan Mirna Salihin tersebut menempati ruang tahanan khusus. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya intimidasi atau bully-an dari para tahanan lainnya kepada Jessica.

"Memang di sel khusus, justru itu untuk melindungi dia. Kita khawatirkan takut diintimidasi atau di-bully dari tahanan lain. Kasusnya dia kan sudah sangat populer," jelas Barnabas.

Barbanas pun membantah pleidoi Jessica yang mengaku ruang tahanannya tidak layak dan banyak kecoa. "Sel khususnya itu juga yang baik. Karena ada kamar mandirnya ada toiletnya dan ada exhaust (kipas angin). Ukurannya cukup diisi sana dua hingga tiga orang kok. Sel khususnya juga bersih," terang Barnabas.

Ia mengungkapkan, bahwa foto-foto dari replik yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU)‎ dalam episode ke-30 lanjutan kasus 'kopi maut bersianida' adalah ruang‎ konsultasi bagi para tahanan di Mapolda Metro Jaya.

"‎Ini saya jelaskan apa adanya. Jadi begini yang tampak ada di sofa itu bukan ruang sel ya. Itu ruang konsultasi psikologi dan ruang untuk ibadah umat nasrani. Sementara foto yang Jessica di sofa, itu ruang psikologi ya. Itu untuk semua tahanan, adanya di kompleks Rutan Dir Tahti. Rutan untuk tahanan kriminal umum," tandas Barnabas.

(aky)
breaking news x