18 Maling dan 28 Kendaraan Bermotor Diamankan Poda DIY

18 Maling dan 28 Kendaraan Bermotor Diamankan Polda DIY (Foto: Markus/Sindo Radio)

18 Maling dan 28 Kendaraan Bermotor Diamankan Polda DIY (Foto: Markus/Sindo Radio)

YOGYAKARTA - Polda DIY meringkus 18 orang pelaku pencurian sepeda motor dan mobil yang beraksi di wilayah hukumnya. Mereka ditangkap dalam operasi curanmor yang digelar polda DIY dari 3 sampai 16 Oktober 2016.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda DIY, Kombes Pol Frans Tjahyono mengungkapkan, pihaknya menggelar operasi khusus tindak pidana pencurian khususnya kendaraan bermotor.

Ada pun pengungkapan kasus Polresta Yogyakarta sebanyak lima kasus, Polres Sleman delapan kasus, Polres Bantul dua kasus, Polres Kulonprogo satu kasus, dan Polres Gunungkidul satu kasus.

"Total ada 18 orang yang diamankan, dari target kita selama operasi 13 orang," katanya Rabu (19/10/2016).

Dari 18 orang yang sebagian besar residivis ini, polisi mengamankan 28 kendaraan baik roda dua maupun empat. "Sebagian besar merupakan residivis," imbuhnya.

Frans menambahkan, dari modus yang digunakan para pelaku, pencurian dengan kekerasan, dan ada juga yang memanfaatkan keteledoran masyarakat saat meninggalkan kendaraan beserta kuncinya. "Ada yang kuncinya ditinggal tergantung di sepeda motor, dan dimanfaatkan pelaku," tuturnya.

Bagi masyarakat yang kehilangan sepeda motor bisa menghbungi pihak kepolisian dengan menunjukkan surat kepemilikan kendaraan seperti BPKB dan STNK. Meski demikian, harus berkoordinasi dengan penyelidik terkait proses hukumnya.

"Masyarakat yang mau mengambil dipersilakan tinggal menunjukkan bukti kepemilikan, tidak dipungut biaya gratis," tandasnya.

(aky)
breaking news x