Polda DIY Ciduk 13 TO Maling Sepeda Motor

YOGYAKARTA - Sebanyak 13 orang yang ditetapkan sebagai target operasi (TO) oleh Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil diamankan. Mereka merupakan para pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor. 

"Ada 18 tersangak, 13 diantaranya merupakan TO sementara sisanya non-TO," kata Direktur Kriminal Umum Polda DIY, Kombes Frans Cahyono dalam keterangan pers di Mapolda DIY Rabu, 19 Oktober 2016.

Alasan polisi menetapkan sebagai target operasi karena mendapat pengaduan dari masyarakat yang kehilangan kendaraan. Setelah melakukan serangkaian penyelidikan, polisi berhasil mengamankan ke 18 orang tersebut.

Para tersangka diamankan diberbagai tempat dalam operasi progo Curanmor pada 3-16 Oktober. Mereka bukan satu kelompok, tapi dari berbagai pelaku kejahatan di ranah hukum Polda DIY.

Dari tangan pelaku, polisi menyita 24 kendaran roda dua berbagai jenis dan merk yang merupakan hasil kejahatan pencurian. Selain itu, empat unit kendaraan roda empat turut diamankan bersama peralatan seperti kunci T.

"Jumlahnya bisa bertambah, karena masih dalam pengembangan," paparnya. 

Sebagian besar tersangka merupakan pemain lama, artinya dia merupakan residifis kasus serupa yang sudah bebas menjalani hukuman. Meski begitu, ada juga beberapa tersangka merupakan pemain baru.

Dari Polres Sleman sendiri mengamankan beberapa tersangka dengan tujuh kasus. Tiga orang target operasi diamankan, sedangkan empat lainnya merupakan wajah baru. 

Begitu juga dari Polresta Yogyakarta mengamankan tiga kasus target operasi dan satu orang non target operasi. Untuk Bantul ada dua kasus, sedangkan Kulon Progo dan Gunungkidul masing-masing satu kasus.

Kabid Humas Polda DIY Kombes Pol Any Pudjiastuti mengharapkan masyarakat lebih berhati-hati dalam membawa kendaraan. Akan lebih aman dari aksi pencurian jika kendaraan diberi tambahan kunci pengamanan. 

"Bisa diberi gembok, tidak apa-apa kalau digembok demi keamanan," tandasnya. (sym)

(fds)
breaking news x