Dikira Suara Kucing, Eh Ternyata Bayi

sesosok bayi diduga dibuang (Foto: KRjogja)

sesosok bayi diduga dibuang (Foto: KRjogja)

KARANGANYAR - Bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan di bak mobil pikap warga Ngumpeng Rt 02/RW 14 Desa Bangsri, Karangpandan, Rabu (19/10/2016). Identitas pembuang bayi itu hingga kini masih misterius.

“Tak kira suara kucing, jadi tidak begitu saya gubris setelah memeriksa ke sebelah rumah dan kolong mobil pikap. Itu sekitar pukul 05.00 WIB. Sekitar pukul 07.30 WIB, saya menyapu halaman dan melihat ada kain mirip gombal di bak mobil. Niatnya mau dibuang, tapi sewaktu dibuka isinya bayi,” kata Sukarmi (47) seperti dikutip dari KRjogja.

Ia sempat mengira bayi itu tak bernyawa karena hanya diam, sehingga memanggil dua anggota keluarganya yakni Amir Samiyono dan Surini.

Mengenai sosok pembuang bayi, ia tidak memiliki petunjuk otentik. Hanya saja ia mencurigai seorang pria yang mondar-mandir mengendarai sepeda motor di jalan Karanganyar-Karangpandan depan rumahnya pada Rabu pagi.

Tak perlu waktu lama kabar penemuan bayi tersiar. Lantaran kondisi bayi lemah, Puskesmas Karangpandan mengirimnya ke RSUD Karanganyar.

Dikonfirmasi terkait penanganan bayi, Staf Pelayanan Medik RSUD Karanganyar, Atik Pujihastutiningtyas mengatakan, bayi tersebut berkondisi lemah dan tidak banyak bergerak. Bayi itu berbobot satu kilogram, panjang 39 sentimeter, lingkar kepala 25 sentimeter, lingkar dada 24 sentimeter dan berjenis kelamin perempuan.

“Diduga lahir prematur dan baru saja dilahirkan. Diperlukan perawatan intensif karena beratnya tidak normal. Hanya 1.000 gram,” kata Atik.

(put)
breaking news x