Berniat Merantau ke Ibu Kota, Dua Pemuda Nekat Curi Kotak Amal

PATI - Nakat benar aksi Wiji, (20) dan Widi Susanto (20). Lantaran kehabisan duit, warga Tuban dan Kebumen itu mencongkel kotak amal dan menggasak isinya.

Alih-Alih bisa membawa kabur uang dalam kotak amal, keduanya harus mendekam diruang tahanan Mapolres Pati setelah aksi mereka dipergoki warga.

Kapolsek Juwana AKP Sumarni mengatakan, kedua pelaku ini sebelumnya bekerja di salah satu café di Tuban. Namun, keduanya memilih untuk berhenti bekerja. Setelah mendapatkan uang pesangon dari bosnya masing-masing sebesarRp 1jt, mereka lalu berniat pergi ke Jakarta untuk cari pekerjaan yang baru.

Namun saat melakukan perjalanan dari Tuban ke Jakarta, uang mereka sudah habis dan memutuskan untuk berhenti di SPBU di Juwana. Saat beristirahat di Mushola  mereka melihat kotak amal dan berniat untuk mencuri uang yang ada didalamnya.

”Modusnya mereka pura-pura beristirahat  kedua pelaku membagi tugas yang satu menconkel kotak amal yang satunya bertugas mengamati suasana,” ujar AKP Marni, Rabu 19 Oktober 2016.

Belum sempat membawa uang tersebut, petugas kebersihan SPBU keburu melihat aksi mereka. Satu pelaku Widi Susanto langsung ditangkap, sedangkan Wiji sempat melarikan diri.

Beruntung, ia mampu dihentikan warga dan sempat memicu amrah warga sebelum akhirnya anggota polisi dari Juwana lekas mengamankan pelaku.

GUna mempertanggungjawabkan perbuatannya, keduanya dijerat dengan Pasal 363 yakni Pencurian dengan Pemberatan dan diancam lima tahun penjara. (sym)

(fds)
breaking news x