Pelaku Jual Senpi Ilegal Bermodal Keahlian Merakit Senapan Angin

Penangkapan (Foto: Ilustrasi)

Penangkapan (Foto: Ilustrasi)

 

BANDUNG - Sejumlah barang bukti mulai dari peluru, berbagai senjata api (senpi) model pistol dan laras panjang diamankan polisi dalam pengungkapan praktik jual-beli senpi. Dua orang sudah ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus tersebut.

Kapolrestabes Bandung Kombes Winarto mengungkapkan, berbagai model senpi didapat dari salah satu pelaku yakni MN warga Cipacing, Kabupaten Bandung. "Mereka ini kerja sama kalau AB itu pemesan sedangkan MN itu perakit," kata Winarto, Rabu (19/10/2016).

Lalu bagaimana MN mendapatkan barang-barang untuk memproduksi senpi rakitan ini?

Diketahui, MN merupakan salah seorang perajin senapan angin di Setra Senapan Angin Cipacing, Kabupaten Bandung. Dengan keahliannya merakit senjata, tidaklah sulit bagi MN merakit dan merancang senjata api.

Dari penggeledahan polisi di rumah MN, diamankan beberapa alat bukti lainnya seperti satu senpi jenis revolver, dua senpi jenis FN, tiga batang laras panjang, dua magazine, tiga grandel, tiga senpi laras panjang, dua alat catok merakit senjata, satu bor, serta satu mesin dan bor slap.

"Saat ini kita masih periksa kedua pelaku ini, tak menutup kemungkinan ada bertambahnya pelaku ini," jelasnya.

Sementara itu, pelaku AB mengaku kerap mendapat pesanan dari wilayah Madura. "Saya kirim ke Madura, di sana banyak pesan untuk jaga-jaga toko," katanya.

(Ari)
breaking news x