Pentingnya Pembekalan Wawasan Budaya bagi Mahasiswa

Foto: Dok UNY

Foto: Dok UNY

JAKARTA - Sebagai negara yang kaya akan budayaan bahasa, sudah sepatutnya kita memiliki wawasan seputar budaya Indonesia. Terutama saat kita harus mengunjungi daerah lain di wilayah Indonesia.

Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kemitraan UNY, Dr. -Ing. Satoto E. Nayono, M.Eng., M.Sc, menuturkan bahwa dengan melakukan pembekalan wawasan budaya maka mahasiswa tidak menghadapi hambatan.

"Karena kami ingin adik-adik mahasiswa yang belajar di UNY baik untuk 1 semester maupun 4 tahun, tidak menghadapi hambatan terutama dalam sisi budaya,” ungkapnya seperti dinukil dari laman Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (19/10/2016).

Menurutnya, budaya itu seperti gunung es. Dimana hanya 10 persen yang terlihat. "Sisanya yang tidak terlihat dan membentuk karakter kita itu 90 persen. Cara kita berpakaian, cara berbicara dan berbagai kebiasaan adat istiadat itu gampang dilihat dan ditiru. Namun untuk nilai-nilai yang mendasari karakter dan prioritas seseorang itu tidak terlihat. Inilah yang perlu kita dalami agar tidak mengalami benturan budaya,” imbuhnya.

Orang Indonesia sendiri memiliki high context culture. Dimana tanda-tanda dalam bahasa tubuh perlu untuk dipahami.

"Orang Yogja terkenal dengan kemampuannya menahan diri sehingga tidak akan mengeluarkan kata-kata yang terus terang. Volume dan nada suara juga tidak kalah penting. Di sini kalau ada orang yang bicara dengan nada tinggi dan keras artinya marah-marah. Jarak ruang pribadi ketika berbicara yang nyaman juga perlu diperhatikan,” ujarnya.

(sus)
breaking news x