2 TAHUN JOKOWI-JK: Pendidikan Karakter Semakin Kuat

Foto: Antara

Foto: Antara

JAKARTA - Saat ini mungkin kerap terdengar mengenai pendidikan karakter menjadi salah satu materi yang harus masuk dalam sistem pembelajaran yang ada di sekolah. Pendidikan karakter sendiri merupakan salah satu program kepemimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam dunia pendidikan.

"Saya melihat sisi positif dari kinerja dua tahun Joko Widodo dan Jusuf Kalla ini pada penguatan pendidikan karakter. Artinya sejak zaman Pak Anies pun sudah ada pertumbuhan mengenai budi pekerti dan itu juga sudah ada Permendikbudnya," ungkap Pengamat Pendidikan, Doni Koesoma saat dihubungi Okezone, belum lama ini.

Menurut Doni, adanya pendidikan karakter ini bisa menguatkan kebhinekaan, keberagaman, serta para minoritas. "Karena itu, di masa Anies menjabat juga sudah ada perlindungan bagi anak-anak yang memiliki agama tertentu untuk bisa mengikuti ujian untuk memperoleh nilai di rapor mereka," imbuhnya.

Pendidikan karakter ini perlu dikembangkan secara terus-menerus. Dalam penguatan pendidikan karakter ini juga perlu dukungan dari segala pihak. "Artinya harus terintegrasi ke seluruh departemen. Masalahnya ini masih banyak yang bekerja sendiri-sendiri. Kan seharusnya bisa bareng-bareng," ucapnya.

Doni menambahkan, dalam menerapkan pendidikan karakter ini diperlukan prinsip-prinsip yang bisa diterapkan di seluruh Indonesia. Karena seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki wilayah yang berbeda-beda. "Kuncinya adalah penerapan pendidikan karakter tersebut harus bisa diterapkan dari Sabang sampai Merauke," tambahnya.

(sus)
breaking news x