Fun Card Membuat Pelajaran PAI Jadi Lebih Menyenangkan

Foto: Ilustrasi Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Dalam memberikan materi Pendidikan Agama Islam (PAI), kadang menimbulkan rasa jenuh kepada peserta didik. Salah satu cara menghilangkan kebosanan tersebut adalah menggunakan Fun Card.

Fun Card merupakan media pembelajaran yang bisa meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan diri. Dalam disertasi yang dibuat oleh Dra. Siti Aminah, M.A. menunjukan bahwa para guru di SMA Kabupaten Sleman masih menggunakan cara yang konvensional serta teacher centered.

"Oleh karenanya, proses pembelajaran yang seperti itu menjadi tidak maksimal dan terlalu monoton," ungkap pengawas Sekolah Madya, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman, Siti Aminah seperti dinukil dari laman Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Rabu (19/10/2016).

Penggunaan Fun Card senndiri cukup mudah yakni degan mengacak-acak kartu tersebut dan peserta didik bisa mengambilnya sendiri. Peserta didik pun bisa menjawab sejumlah pertanyaan yang ada dalam kartu tersebut.

"Temannya yang lain nanti mengecek apakah jawabannya benar atau salah, yang sudah ada dalam kartu jawaban. Selain kartu soal dan kartu jawaban, juga ada kartu kontrol untuk memberikan hasil evaluasi yang diberikan oleh teman peserta didik yang menyimak, sehingga konsep penilaian diri bisa terlaksana dalam teknik pembelajaran ini," ujarnya.

Materi pembelajaran yang ada juga beragam, sehingga bisa mencangkup ke sejumlah materi. "Jadi penggunaan Fun Card tidak hanya terbatas pada suatu materi tertentu di bidang Pendidikan Agama Islam. Namun dapat mencakup ke semua materi," imbuhnya.

(sus)
breaking news x