Film Karya Mahasiswa Borong Penghargaan Bergengsi

Foto: Dok UMN

Foto: Dok UMN

JAKARTA - Semakin majunya industri perfilman dan animasi membuat anak muda, seperti mahasiswa tertarik untuk menghasilkan karya yang apik dengan ide-ide kreatif. Bahkan, tak jarang karya-karya tersebut mampu disejajarkan dengan sineas profesional atau meraih penghargaan bergengsi.

Hal tersebut dibuktikan melalui sejumlah mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang mampu menyabet lima kategori penghargaan dalam ajang Apresiasi Film Indonesia (AFI) 2016.

"Usaha kami untuk membuat film animasi ini akhirnya terbayarkan. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena banyak orang yang memberikan support, terutama para dosen," tutur salah satu penerima, Yulio Darmawan, dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (19/10/2016).

Yulio merupakan sutradara dari Lakuna yang menang pada kategori Film Animasi Mahasiswa. Sedangkan kategori lainnya yang juga meraih Piala Dewantara, yakni "Emak" pada kategori film pendek, "Timun Mas" pada kategori film animasi umum, dan "Istirahatlah Kata-Kata" pada kategori film panjang nonbioskop. Sementara UMN sendiri mendapat apresiasi untuk lembaga pendidikan.

Koordinator Peminatan Animasi di Program Studi Film dan Televisi (FTV) UMN, M Cahya Daulay mengaku, bangga atas prestasi para mahasiswanya. Menurutnya, penghargaan ini harus bisa menjadi penyemangat mahasiswa pada ajang-ajang lainnya.

"Karya mereka terus berkembang dari waktu ke waktu. Diharapkan ke depannya nanti mahasiswa FTV UMN tidak hanya bisa memenangkan festival tetapi karya mereka juga bisa dinikmati dan diterima oleh masyarakat luas," ujarnya.

Selain keluar sebagai pemenang, beberapa film karya mahasiswa UMN juga masuk nominasi. Seperti film "Thirty Five of Pleasure" dalam kategori Apresiasi Film Dokumenter Mahasiswa. Kemudian "Halmahera: Pongana Mo Nyawa, Inkarna, dan Pamali" dalam kategori animasi. Tak ketinggalan film besutan dosen Sinematografi UMN, Bayu Prihantoro berjudul "On The Origin of Fear" yang turut menjadi nominator dalam kategori Apresiasi Film Pendek Kategori Umum.

(sus)
breaking news x