2 TAHUN JOKOWI-JK: Dua Kampus Indonesia Tembus 500 Terbaik Dunia

Foto: Okezone

Foto: Okezone

JAKARTA - Dalam dua tahun kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, kita patut berbangga. Pasalnya perguruan tinggi di Indonesia mulai menunjukan kekuatannya masuk dalam jajaran kampus kelas dunia.

Dua perguruan tinggi Indonesia yakni Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) membuktikan kemajuannya bisa meysejajarkan diri dengan kampus-kampus terbaik dunia lainnya.

Untuk urutan dunia, Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki posisi ke-325. Sementara untuk Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati posisi 400-an. Meski begitu, Indonesia sudah bisa membuktikan bahwa perguruan tinggi di Indonesia pantas untuk diperhitungkan di kancah internasional.

Di samping itu, dua kampus ini juga unggul di tingkat Asia. Universitas Indonesia (UI) menduduki posisi ke-67, sedangkan Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di posisi ke-86.

Universitas Indonesia (UI) berhasil naik sebanyak 33 poin dari posisi sebelumnya di tahun 2015. UI telah mempertahankan posisinya selama lima tahun berturut-turut sebagai kampus terbaik Indonesia. QS University Rangkings sendiri menjadi acuan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristedikti) dalam mengukur mutu pendidikan tinggi di Indonesia.

Meski sudah ada dua kampus yang masuk dalam kelas dunia. Namun Kemristekdikti terus mendorng perguruan tinggi lainnya untuk meningkatkan kualitas dan mutu mereka sehingga nantinya bisa menyusul berada di posisi kelas dunia.

Perguruan Tinggi lainnya yang didorong untuk masuk ke kampus kelas dunia yakni Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (Unair), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

(sus)
  • techno user Faisal
    Faisal • satu bulan lalu
    Mimin asal copas nih. Jelas2 di situs QS university dijelasin UI ITB UGM sudah pernah masuk pemeringkatan cuma emg naik-turun yg belum pernah ya unair dan ipb. Dan sejak zaman sby (2014) UI dan ITB sudah masuk 500besar jadi bukan karena jokowi.
    Beri Tanggapan
breaking news x