Operasi Pembebasan Mosul Digelar, Turki Keluarkan Peringatan Perjalanan ke Irak

Turki keluarkan peringatan terbang ke Irak (Foto: Memo)

Turki keluarkan peringatan terbang ke Irak (Foto: Memo)

ANKARA - Kementerian Luar Negeri Turki mengeluarkan peringatan perjalanan ke Irak . Peringatan ini menyusul akan digelar operasi besar-besaran untuk menumpas militan ISIS di Mosul. Ini adalah peringatan terbang pertama sejak Desember 2015.

Pihak kementerian mengatakan peringatan itu ditujukan untuk semua daerah di Irak kecuali Provinsi Dohuk, Erbil dan Sulaymaniyah. Daerah tersebut saat ini sudah dikendalikan oleh Pemerintah Daerah Kurdi Irak (KRG). Demikian sebagaimana dilansir Memo, Kamis (19/10/2016).

Dalam rangka mengambil alih Kota Mosul, Pemerintah Turki mengatakan situasi keamanan di Irak akan memburuk. Karena itu, warga Turki disarankan agar tetap waspada dalam menghadapi segala situasi dan juga menghindari tempat-tempat ramai guna memperkuat langkah-langkah keamanan. Mereka diharapkan selalu menjaga komunikasi dengan kedutaan Turki di Baghdad.

Pemerintah Turki juga meminta agar orang-orang yang tidak wajib menetap di Irak untuk meninggalkan daerah berbahaya secepat mungkin. Kunjungan ke Irak hanya diizinkan apabila sangat diperlukan atau dalam keadaan mendesak.

Pernyataan dari pihak kementerian juga menyarankan agar warga Turki di KRG menjauh dari tempat-tempat yang sedang dilakukan operasi melawan militan ISIS. Pengerahan militer besar-besaran yang bertujuan untuk merebut kembali Mosul telah memasuki hari kedua. Saat ini, militan ISIS dilaporkan mengalami kerugian besar dalam pertempuran kali ini.

(rfa)
breaking news x