Dalam 10 Hari, 5.000 Warga Irak Tinggalkan Mosul

Ribuan warga Irak tinggalkan Mosul (Foto: Anadolu)

Ribuan warga Irak tinggalkan Mosul (Foto: Anadolu)

MOSUL – Dalam 10 hari terakhir, 5.000 warga Irak dilaporkan telah mengungsi dari Mosul menuju Suriah. Pengungsian ini menyusul digelarnya serangan besar-besaran ke Irak untuk menumpas militan ISIS yang masih menguasai kota tersebut.

Dari 5.000 warga yang melarikan diri, 900 orang di antaranya telah keluar dari Mosul pada Senin 17 Oktober. Mereka dilaporkan berpindah menuju kamp pengungsi Al Hol. Menurut laporan sejumlah pihak, kondisi kamp Al Hol sangat kotor dan penuh sesak.

Sebagaimana dilansir Middle East Monitor, Kamis (20/10/2016), saat ini diperkirakan terdapat 1.3 juta warga sipil di Mosul dan 5.000 sampai 8.000 pasukan ISIS. Di bagian utara, selatan, dan barat Mosul telah dibangun kamp pengungsian. Ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya krisis kemanusiaan.

Mengantisipasi serangan dari pihak koalisi, pasukan ISIS pun dikabarkan telah bersiap untuk melawan. ISIS diberitakan telah memasang sejumlah perangkap di Mosul dan menyiapkan sejumlah penembak jitu. Kabar ini mendorong pihak pemerintah untuk mengamankan warga sipil dari Kota Mosul.  

Selain berita di atas, saat ini terdapat sejumlah laporan bahwa kelompok militan ISIS menggunakan warga sipil sebagai perisai atau sandera. Bahkan, sejumlah berita menyebutkan ISIS tengah menghentikan upaya sejumlah warga untuk meninggalkan Mosul.

(rfa)
breaking news x