Presiden Nigeria Tingkatkan Upaya Pembebasan Gadis Chibok

Presiden Nigeria tingkatkan upaya pembebasan sandera dari tangan Boko Haram (Foto: )

Presiden Nigeria tingkatkan upaya pembebasan sandera dari tangan Boko Haram (Foto: )

ABUJA – Presiden Nigeria Muhammadu Buhari berjanji akan meningkatkan usaha pembebasan gadis Chibok yang masih ditahan oleh militan Boko Haram. Pernyataan ini disampaikan Presiden Buhari setelah upaya negosiasi dengan Boko Haram yang dimediasi Swiss mulai membuahkan hasil.  

"Kami akan meningkatkan usaha kami untuk membawa pulang sisa tawanan (dari Boko Haram),” ujar Presiden Buhari, sebagaimana dilansir Reuters, Kamis (20/10/2016). Janji tersebut disampaikannya saat bertemu dengan 21 gadis Chibok yang telah dibebaskan Boko Haram pada pekan lalu.   

Pada 2014, militan Boko Haram diketahui telah menculik lebih dari 200 gadis Chibok. Mereka diculik pada tengah malam dari asrama sekolah. Tindakan ini langsung menuai kecaman dari dunia internasional termasuk dari PBB dan sejumlah pemimpin negara.   

Baru-baru ini, berkat mediasi Pemerintah Swiss, Boko Haram akhirnya bersedia membebaskan puluhan gadis Chibok dan masih menyisakan lebih dari 100 orang lainnya. Pemimpin Boko Haram mengklaim bahwa gadis Chibok yang masih berada dalam tahanan mereka menolak untuk dibebaskan.

(FIK)
Live Streaming
Logo
breaking news x