Bawaslu : Pemilu Jangan Jadi Alat Membuat Pilu!

JAKARTA - Masyarakat tengah dihadapkan pada pesta demokrasi di gelaran Pilkada Serentak. Awal tahun depan, 101 daerah di Indonesia akan melakukanpemilihan kepala daerah di wilayahnya. Tahapan, program dan jadwal Pilkada Serentak sudah mulai berjalan. Sementara hari pemungutan suara sendiri akan dilaksanakan pada Rabu 15 Februari 2017.

Komisioner Bawaslu, Nelson Simajuntak berharap pemilu bertajuk Pilkada Serentak ini tidak menjadi istilah alat yang membuat pilu.

"Saya berharap pemilu ini adalah pesta demokrasi yang membahagiakan. Jangan kita membuat pemilu menjadi alat membuat pilu. Karena ternyata memang dalam praktik berpemilu selama ini banyak yang memilukan," kata Nelson di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Oktober 2016.

Dikatakan Nelsom, berdasarkan data dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), sejak Pilkada digelar 2005, hingga sekarang lebih dari 350 kepala daerah atau wakilnya yang tersangkut urusan pidana korupsi.

"Ini berkaitan dengan prilaku kita berpemilu. Mereka diduga melakukan korupsi karena harus mengembalikan uang yang terlalu besar yang dikeluarkan saat pemilu. Masih bagus mereka menang masih ada kesempatan mengembalikan uangnya meski harus lewat korupsi," katanya.

Bahkan hal yang membuat pilu lainnya terang Nelson, pada 2010 lalu salah seorang calon walikota di Semarang tidak terpilih, dua minggu kemudian suaminya malah bunuh diri.

"Tahun 2010 kalau anda masih ingat ada salah satu Cawako di Semarang setelah pemilihan dia tidak terpilih dua minggu kemudian suaminya bunuh diri karena terlalu banyak hutang," katanya.

Bahkan di DKI Jakarta sendiri, katanya. Belum pasangan calon ditetapkan oleh KPU, sudah ada kepiluan yang ditimbulkan. Calon petahana yakni Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dilaporkan kepada polisi dengan dugaan menistakan agama.

"Di DKI misalnya belum pasangan calon ditetapkan  sudah menimbulkan kepiluan-kepiluan dan ketidaknyamanan dalam masyarakat. Ahok membuat ucapan yang menyinggung rekan-rekan yang beragama muslim. Bahkan ada juga, belum ditetapkan pasangan calon tapi sudah mulai bersosialisasi," katanya. (sym)

(fds)
breaking news x