Terendam Banjir, 30 Sekolah di Aceh Barat Liburkan Siswa

BANDA ACEH – Sedikitnya 30 sekolah di Aceh Barat terpaksa diliburkan sementara setelah banjir menggenangi kabupaten itu beberapa hari terakhir. Sembilan dari 12 kecamatan diketahui terendam banjir hingga mencapai satu meter.

“Diliburkan sementara sampai banjir sudah surut,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Aceh Barat, Thamren, Kamis (20/10/2016).

Menurutnya, sejak banjir terjadi pada Senin lalu, aktifitas sekolah di sejumlah kecamatan otomatis terhenti. Namun kata Thamren sebagian guru memilih ke sekolah untuk menyelamatkan peralatan yang masih bisa digunakan agar tak rusak akibat bencana alam itu.

Puluhan sekolah tersebut tersebar pada sembilan kecamatan, yakni Johan Pahlawan, Meureubo, Kaway XVI, Samatiga, Bubon, Arongan Lambalek, Woyla, Woyla Timur dan Barat. Sekolah yang menjadi amukan banjir didominasi oleh Sekolah Dasar dan TK. Kemudian menyusul sejumlah SMP turut menjadi korban banjir.

BPBD Aceh Barat menyebut, hingga kini korban banjir melonjak tajam menjadi 49.856 ribu dari 14.245 kepala keluarga. Sebagian korban yang tidak menempati lagi rumahnya akibat banjir, memilih tinggal di lokasi pengungsian. (sym)

(fds)
breaking news x