facebook pixel

Mobil Nissan Akan Dilengkapi Alat Notifikasi Servis

Nissan membuat teknologi koneksi untuk memantau kondisi mobil konsumennya (Ilustrasi, Foto: Reuters)

Nissan membuat teknologi koneksi untuk memantau kondisi mobil konsumennya (Ilustrasi, Foto: Reuters)

YOKOHAMA - Nissan Motor melakukan terobosan baru dengan mengembangkan teknologi koneksi berbasis internet yang bisa memberikan notifikasi kepada para pengguna kendaraan untuk menyervis kendaraan mereka.

Menurut Nissan, pengoperasioan teknologi ini akan dimulai di Jepang dan India pada 2017 lalu menyusul di negara lainnya hingga 2020.

Nissan akan menyediakan teknolgi dan peratalan pendukungnya tahun depan. Peralatan tersebut sudah disesuaikan dengan model mobil yang digunakan. Targetnya, 30 persen mobil Nissan yang ada saat ini sudah dilengkapi dengan perangkat keras tersebut.

Perangkat keras pada mobil dilengkapi dengan kontrol telematik yang memungkinkan produsen dan jaringan diler bisa mengakses informasi tentang kondisi kendaraan. Notifikasi akan menyala jika kendaraan sudah harus untuk diservis.

"Dengan konektivitas ini kami bisa menyajikan informasi serta penawaran servis yang lebih baik kepada konsumen. Kami akan tahu permasalahan pada mobil, kami akan tahu di mana posisi kendaraan, kami juga akan tahu suku cadang apa yang dibutuhkan mobil," jelas Corporate Vice President and Head of Global Aftersales Division Nissan Motor, Kent O’Hara, seperti dikutip dari Reuters, Kamis 1 Desember 2016.

Dengan teknologi ini, kontribusi pendapatan Nissan dari bisnis layanan purnajual diperkirakan akan naik menjadi 25 persen pada 2022. Saat ini, kontribusi layanan purnajual Nissan masih satu digit. Sementara itu, secara rata-rata, 14 persen dari total pendapatan produsen automotif global disumbang oleh layanan purnajual.

Nissan belum bisa menyebutkan berapa biaya yang ditanggung konsumen untuk menambahkan perangkat tersebut. Saat ini produsen mobil terbesar kedua di Jepang itu masih fokus menyosialisasikan teknologi baru ini.

Selain Nissan, Toyota Motor, pada awal November lalu, juga mengumumkan akan menggunakan alat dengan fungsi serupa pada model hybrid Prius yang dipasarkan di Jepang. Produsen lainnya adalah Ford Motor yang pada Oktober mengumumkan bahwa beberapa model kendaraannya akan dilengkapi perangkat konektivitas di mana kendaraan akan dapat berkomunikasi dengan device lain yang berada di rumah.

(ton)
  • techno user santi hastuti
    santi hastuti • satu minggu lalu
    bagus lah kalau dilengkapi notifikasi. biar ga pada lupa dan tentunya bisa menambah pemasukan dan terutama mobil yang sudah di jual di berikan free
    Beri Tanggapan