facebook pixel

Toyota Luncurkan Transmover untuk Taksi, Beda Rp15 Juta dengan Avanza

Toyota luncurkan Transmover untuk armada taksi (Foto: Santo/Okezone)

Toyota luncurkan Transmover untuk armada taksi (Foto: Santo/Okezone)

JAKARTA - Melihat fenomena armada taksi yang saat ini tengah berkembang, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil low MPV Transmover. Mobil yang menggunakan basis Avanza varian terendah yaitu tipe E ini dibanderol dengan harga Rp143,55 juta-Rp150 juta off the road.

"Memang kebutuhan akan taksi meningkat. Sebetulnya dari 2014 sudah ada taksi MPV. Namun sebetulnya kami sudah mencoba tapi karena ikut aturan pemerintah harus sedan sehingga kami belum menelurkan produk low MPV. Secara tren, itu yang mendorong kami meluncurkan Transmover. Karena orang juga maunya MPV bisa banyak bawa barang," jelas Bansar Maduma, product general manager CBU and commercial PT TAM, di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Di kesempatan yang sama, Executive General Manager Vehicle Sales Planning PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, menambahkan, peluncuran low MPV Transmover merupakan bukti bahwa TAM tidak hanya fokus kepada mobil penumpang, namun juga ke segmen kendaraan komersial.

"Sebenarnya Transmover itu asal mulanya dari komunikasi kami dengan organda. Ada peluang untuk low MPV 4x2 karena baik pengusaha maupun pemerintah sudah mengizinkan kepada kami membuat taksi low MPV. Dari situ TAM mengembangkan Transmover," terang pria yang akrab disapa Suryo itu.

Toyota memang mamasarkan Transmover untuk perusahaan taksi di Indonesia. Namun apabila ada konsumen yang berminat membeli secara ritel, Toyota tetap menyediakan. Namun yang patut menjadi pertimbangan, perbedaan harga Transmover dengan Avanza varian E tipis.

"Pembelian pribadi kami tidak larang tapi apa mereka mau. Avanza E dengan Transmover bedanya paling cuma Rp15 juta. Dicicil-cicil pakai kredit misalnya tiga tahun cuma beda beberapa ratus ribu. Front line kami tidak akan menawarkan, tapii kembali lagi ke pembeli," pungkas dia.

Selain Toyota, Honda sudah lebih dulu masuk ke segmen komersial taksi dengan menawarkan Mobilio varian terendah, S. Honda tidak melakukan downgrade Mobilio tipe S, hanya saja kebutuhannya disesuaikan oleh perusahaan taksi bersangkutan.

(ton)
​