facebook pixel

Mazda All New CX-5 Mulai Diproduksi, Meluncur Februari 2017

Mazda CX-5 (Carscoops)

Mazda CX-5 (Carscoops)

HIROSHIMA – Mazda all new CX-5 melakukan debut globalnya di Los Angeles Auto Show pada November 2016. Saat ini mobil jenis SUV tersebut sudah mulai diproduksi di pabrik Ujina, Hiroshimasi, Jepang. Pasar pertama yang akan menerima CX-5 terbaru adalah Jepang, baru menyusul negara lainnya.

Seperti diberitakan Paultan, secara visual desain Mazda all new CX-5 memiliki kemiripan dengan CX-9. Lampu depannya lebih ramping dan lampu belakang direvisi untuk memberikan kesan beda dengan model sebelumnya. Dari segi dimensi tidak ada perubahan, kecuali tingginya mengalami penambahan sekira 20 milimeter atau sekira 1.690 mm.

SUV ini memiliki interior yang berbeda dibanding generasi sebelumnya. Adapun bagian yang direvisi yaitu tata letak dasbor, lingkar kemudi, dan lubang ventilasi (AC). Namun ada juga beberapa perangkat yang masih dipertahankan seperti switchgear, sistem infotainment MZD, tuas transmisi, commander control dial, dan instrumen cluster bewarna.

Mazda masih mengandalkan mesin lama yaitu dua unit bensin Sky Activ-G di 2,0 dan 2,5 liter; serta satu diesel Sky Activ-D 2,2 liter. Mesinnya akan dipasangkan ke transmisi otomatis atau manual enam percepatan dengan i-Activ AWD sebagai pilihan.

Berdasarkan segmen kendaraan, pesaing terdekat CX-5 adalah Honda CR-V. Pada Oktober 2016, Honda telah memperkenalkan generasi kelima dari CR-V di AS. Berdasarkan rumor yang beredar, penjualan perdana akan dilakukan untuk pasar AS pada Desember. (san)

(ton)