facebook pixel

Lima Modus Pencurian Mobil yang Sedang Marak

Ilustrasi pencurian mobil (Okezone)

Ilustrasi pencurian mobil (Okezone)

JAKARTA - Maraknya pencurian mobil membuat setiap pengendara harus lebih berhati-hati. Setidaknya pemilik mobil perlu mengetahui beberapa modus tertentu yang kerap dilakukan pelaku untuk mencuri mobil dan melukai pemilknya.

Agar tidak menjadi korban, berikut ini lima modus pencurian mobil yang sedang marak, sebagaimana dikutip dari Cekaja, Rabu (30/11/2016).

1. Tabrakan yang disengaja

Modus ini perlu Anda ketahui, karena tidak sedikit korban yang harus merelakan mobilnya saat mengalami kejadian satu ini. Biasanya para pelaku akan menabrakkan mobilnya secara sengaja di jalanan.

Ketika keluar dari mobil dengan maksud menyelesaikan masalah tersebut Anda justru ditodong dan mobil akan dibawa kabur oleh pelaku kejahatan.

2. Penipuan berkedok perempuan atau anak kecil

Banyak orang yang tertipu dengan modus satu ini. Modus yang menggunakan anak kecil sedang menangis atau perempuan cantik yang sedang kesasar tentu bakal menarik perhatian.

Nantinya Anda akan diminta untuk mengantar ke suatu tempat yang sepi dan disitulah terjadi aksi perampokan bahkan bukan tidak mungkin bahwa Anda akan disakiti terlebih dahulu. Lalu selanjutnya, mobil akan jadi target utama bagi para pelaku kejahatan tersebut.

3. Lempar telur ke kaca

Kalau tiba-tiba kaca depan mobil dilempari telur, jangan sekali-kali menggunakan wiper untuk membersihkannya, karena yang terjadi justru akan kotor sehingga pandangan ke depan akan terhalang dan memaksa pengemudi keluar dari mobil. Saat itulah pelaku melancarkan aksinya untuk mengambil mobil. Sebelumnya dilakukan penodongan terlebih dahulu.

4. Pura-pura memberitahukan ban kempis

Terkadang para pelaku kejahatan bisa saja terlihat sebagai orang baik-baik di jalanan, mereka akan pura-pura memberitahukan bahwa ban mobil yang Anda kendarai kempis atau bocor. Lagi-lagi jangan pernah keluar dari mobil apabila berada di jalanan yang sepi bahkan dengan kondisi seperti ini, karena bisa saja Anda jadi korban perampokan atau pencurian mobil saat hal tersebut terjadi.

5. Pocong tidur

Biasanya modus yang satu ini dilakukan di jalan-jalan sepi dan saat malam hari, para pelaku kejahatan bakal melakukan aksi nekat yang sedikit menyeramkan yaitu menjadi pocong dan tidur di jalanan.

Siapa yang tidak takut dan penasaran kalau melihat makhluk halus di jalanan yang sepi? Walau begitu, Anda lebih baik tahan rasa penasaran dan jalan terus jangan pernah keluar dari mobil apabila mengalami kondisi seperti ini. (san)

(ton)
​