Tes Matematika & IPA Internasional, Siswa Singapura Capai Hasil Terbaik

Foto: BBC

Foto: BBC

LONDON - Siswa tingkat sekolah dasar dan menengah di Singapura meraih hasil terbaik dalam tes pendidikan internasional untuk matematika dan IPA. Tak hanya Singapura, negara-negara di Asia Timur juga mendominasi ranking terbaik, seperti Korea Selatan dan Jepang.

Hasil peringkat internasional yang disebut dengan Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) ini dipublikasikan setiap empat tahun sekali. Tes diikuti oleh lebih dari 600 ribu pelajar berusia 9-10 tahun dan 13-14 tahun di 57 negara.

Negara di Eropa yang meraih hasil terbaik dalam tes, yakni Irlandia Utara dengan menempati posisi keenam pada matematika. Sedangkan performa Inggris belum menunjukkan hasil yang signifikan sejak empat tahun terakhir.

"Periode antara 2011 dan 2015 terdapat banyak perubahan, dari struktur sekolah, kurikulum, pelatihan guru, dan penilaian. Sehingga diharapkan ada dampak dari perubahan ini," ujar Head of International Education di National Foundation for Educational Research, Ben Durbin sebagaimana diberitakan BBC, Rabu (29/11/2016).

Direktur TIMSS, Michael Martin mengatakan, faktor utama penentu kesuksesan tes adalah kualitas pengajaran di sekolah. Capaian Singapura, lanjut dia, mencerminkan bahwa negara ini memang memprioritaskan bidang pendidikan.

"Sedangkan di Korea Selatan ada cerita bahwa jalanan akan ditutup agar tidak mengganggu siswa yang sedang ujian. Sehingga pendidikan memiliki nilai besar di negara-negara ini. Dan yang terpenting, kuncinya ada pada guru," imbuh Direktur project lainnya, Dr Dirk Hastedt.

(sus)
breaking news x