UGM Ciptakan Aplikasi Dukung UMKM Entaskan Kemiskinan

Foto: Okezone

Foto: Okezone

YOGYAKARTA - Tim mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengembangkan aplikasi berbasis teknologi informasi dalam mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengentasan kemiskinan di perdesaan.

"Aplikasi ini dapat menyelesaikan tiga masalah utama yang dihadapi UMKM desa," kata perwakilan Tim mahasiswa UGM Adhitya Kusuma saat ditemui di Kampus UGM, baru-baru ini.

Ketiga masalah utama itu, kata dia, adalah permodalan, pemasaran, dan teknologi produksi. Ia mengatakan, aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang menggabungkan tiga aplikasi teknologi infromasi lainnya, yakni crowdfunding, e-commerce dan open source website.

Adhitya menjelaskan dalam hal permodalan, UMKM Desa dapat mengakses menu crowdfunding dalam web E-Ruralnomy.com.

Selanjutnya, untuk proses pemasaran dan penjualan produknya, UMKM Desa dapat melakukannya melalui e-commerce.

Sementara untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM Desa, maka UMKM Desa dapat mengakses open source website dalam laman e-ruralnomy.com yang berisi berbagai macam informasi mengenai teknologi tepat guna, terang Adhitya.

"Apabila ketiga masalah utama ini dapat terpecahkan, diharapkan kesejahteraan UMKM Desa dapat meningkat dan pada akhirnya dapat mengentaskan kemiskinan di pedesaan," terang dia.

Sebelumnya, kata dia, melalui aplikasi tersebut, Tim mahasiswa UGM sukses menyabet gelar juara pertama dalam kompetisi Economic Call For Paper National Championship (ECLASHIP) 2016 pada 23 Oktober lalu di Jakarta.

(sus)
breaking news x