facebook pixel

Toyota Hentikan Produksi Etios Valco

Toyota Etios Valco (Okezone)

Toyota Etios Valco (Okezone)

JAKARTA - Toyota Etios Valco sudah berhenti diproduksi terhitung mulai bulan ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Executive General Manager Vehicle Sales Planning PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta pada 30 November. Keputusan tersebut diambil bukan karena penjualan Etios Valco lesu.

"Tidak drop (turun) tapi kami ingin effectiveness dari produk kami, sekarang produk kami banyak. Line up Toyota sudah ada 26 dan kami lihat effectiveness dari tiap-tiap produk seperti apa, suffix by suffix juga akan kami kurangi. Kalau dulu lebih banyak lagi, Innova saja ada 20 varian, kalau sekarang kira-kira cuma tinggal tiga terus dikalikan transmisi, dikalikan lagi dengan warna, engine, jadi tidak terlalu banyak," ujar Fransiscus.

Dengan dihentikannya produksi Etios Valco, maka untuk ketersediaan unit di diler-diler sudah tidak ada lagi. Ada kemungkinan Toyota akan menghadirkan produk terbaru sebagai pengganti mobil perkotaan tersebut. "Tahun depan sudah tidak bisa pesan lagi. Untuk penggantinya di tunggu saja," jelas dia.

Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) penjualan Etios Valco secara wholesale (pabrik ke diler) sebanyak 3.138 unit pada periode Januari-Oktober 2016. Sepanjang 10 bulan di tahun 2016 penjualan Etios tertinggi ada di Januari sebanyak 420 unit. Namun memasuki bulan berikutnya hingga Juni penjualannya terus menurun berada di angka 200-an unit.

Pada Juli, penjualan kembali naik walaupun tipis yaitu sebesar 288 unit dari bulan sebelumnya yaitu 281 unit. Tidak bertahan lama di bulan berikutnya penjualan kembali turun, naik kembali di September. Sedangkan Oktober turun cukup banyak yaitu 129 unit.

Toyota Etios Valco diproduksi oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Perakitannya dilakukan di pabrik TMMIN yang berada di Karawang, Jawa Barat.  Etios Valco resmi hadir di Indonesia pada 2013. (san)

(ton)