facebook pixel

BMW, Nissan & Porsche Dilarang Jualan Mobil di Korsel

Porsche Macan S (foto: Carbuzz)

Porsche Macan S (foto: Carbuzz)

SEOUL - Pemerintah Korea Selatan (Korsel) baru-baru ini mengeluarkan sanksi berat bagi tiga produsen automotif dunia, yakni larangan menjual produknya di negara tersebut.

Seperti dikutip dari Carbuzz, Kamis (1/12/2016), Pemerintah Korea Selatan telah menemukan adanya pelanggaran emisi pada beberapa produk mobil milik BMW, Nissan, dan Porsche. Diduga ketiga produsen tersebut telah menggunakan perangkat software yang diubah untuk menghasilkan kadar emisi rendah.

Dari penyelidikan tersebut, terdapat enam mobil yang terdiri dari satu model BMW, dua model milik Nissan, dan tiga kendaraan Porsche yang telah terbukti memiliki perubahan software untuk menghasilkan emisi rendah. Pemerintah Korea Selatan saat ini telah melarang penjualan keenam model tersebut.

Akibat masalah ini, beberapa produsen automotif kabarnya tak luput dari pemeriksaan, bahkan dari hasil penyelidikan terbaru, ada sekira 10 model kendaraan yang terindikasi memiliki perubahan software. Tujuh model di antaranya berasal dari produsen Porsche.

Saat ini, Porsche kabarnya telah berhenti menjual empat dari tujuh model mobil yang sedang diperiksa, salah satunya Macan S, sedangkan Nissan sudah berhenti menjual kendaraan SUV Q50 dan Qashqai sedangkan untuk BMW X5 M merupakan model yang terkena sanksi larangan dijual di Korea Selatan.

Sekadar mengingatkan, masalah dieselgate pertama kali menimpa produsen Volkswagen, di mana raksasa automotif tersebut menggunakan software khusus dengan tujuan untuk memanipulasi mesin agar lulus tes emisi.

(ton)
​