facebook pixel

Volvo Siapkan Bus Terbesar di Dunia, Bisa Tampung 300 Orang

(Ilustrasi, Autoblog)

(Ilustrasi, Autoblog)

RIO DE JANEIRO - Bayangkan bus akan sepanjang kereta, berjalan di atas aspal tidak di rel. Dalam waktu dekat, bus itu akan terealisasi. Volvo akan membuat bus rangkaian panjang atau bus gandeng untuk digunakan di Brasil.

Bus yang dinamakan Gran Artic 300 itu akan menggunakan sasis gandeng yang mampu mengangkut 300 orang. Dengan ukuran tersebut, Gran Artic akan menjadi bus terbesar di dunia. Demikian dikutip dari Autoblog.

Gran Artic didesain untuk penggunaan di perkotaan. Karena itu, Volvo sebisa mungkin tidak memaksakan dimensi Gran Artic terlalu besar. Panjangnya sekira 30 meter.

Selain itu, Volvo juga membuat bus dengan ukuran lebih kecil, Artic, dengan panjang 20-23 meter. Daya tampung anara 150 sampai 180 orang. Bus lainnya adalah Super Artic dengan daya tampung 30 orang lebih banyak dari Artic.

Volvo membuat Gran Artic 300 sebagai pesanan dari Bus Rapid Transis Brasil. Pengoperasian bus berukuran sangat panjang itu untuk mengurangi jumlah kendaraan umum di jalan yang pada akhirnya akan mengurangi emisi dan tentunya kemacetan.

(ton)
​