facebook pixel

Aki Bisa Rusak jika Motor Jarang Dinyalakan, Ini Penjelasannya

Jika mesin motor jarang dinyalakan, maka akinya juga bisa tekor karena terkait dengan charge dan discharge aki (Mali/Okezone)

Jika mesin motor jarang dinyalakan, maka akinya juga bisa tekor karena terkait dengan charge dan discharge aki (Mali/Okezone)

JAKARTA - Sepeda motor yang mesinnya jarang dinyalakan bisa merusak komponen aki. Hal ini dikarenakan sumber listrik pada aki motor tersebut habis dan tidak mengisi.

Product Manager Bosch Automotive Aftermarket Indonesia Dedy Ismanto mengatakan, kerusakan aki karena motor jarang digunakan atau dinyalakan terkait siklus charge dan discharge.

“Jadi pada saat motor dihidupkan itu dibutuhkan arus yang besar untuk menggerakkan motor starter. motor starter bertugas menyalakan mesin. Nah pada saat itu motor starter ambil arus dari aki (banyak)," jelas Deddy.

Meski mesin motor bisa dinyalakan, tambah Dedy, namun arus listrik yang ada di dalam aki belum kembali pulih jika motor hanya sekadar dipanaskan sebentar tanpa dikendarai. Akibatnya, saat mesin dimatikan dan hendak dinyalakan lagi akan sulit karena aki tak punya pasokan listrik yang cukup untuk menggerakkan motor starter.

"Jadi pada saat mesin sudah hidup itu sebenarnya voltase aki sudah berkurang. Kalau mesin itu tidak cukup waktunya melakukan pengisian, misal baru jalan 5 atau 10 menit maka arus yang masuk lebih kecil dari yang keluar pada saat melakukan starter. Untuk sesekali mungkin tidak akan tekor, walaupun belum di-charge penuh. Masih bisa di-start, tapi kalau sering akan tekor," paparnya.

Dedy menambahkan, jika kondisi seperti ini terus dibiarkan, maka sel dalam aki akan rusak. Akibatnya, walaupun mesin motor sudah lama dinyalakan dan bahkan dipakai jauh, tapi suplai listriknya tetap tidak akan maksimal.

"Sama seperti handphone, kalau di-charge baru 70 persen belum penuh sudah dicabut. Maka akibat jangka panjangnya, meski sudah coba charge dalam waktu lama, ya maksimal cuma 70 persen tadi. Aki tidak mampu ngisi lagi karena bagian atas yang sudah kering atau selnya sudah mati," pungkas dia.(mli)

(ton)