facebook pixel

Pemerintah Berharap BMW Produksi Komponen Mobil di Indonesia

Dengan bertambahnya model BMW yang dirakit di Indonesia bisa dilanjutkan dengan memproduksi komponennya (Mali/Okezone)

Dengan bertambahnya model BMW yang dirakit di Indonesia bisa dilanjutkan dengan memproduksi komponennya (Mali/Okezone)

JAKARTA - Beberapa pelaku bisnis automotif di segmen premium sudah merakit kendaraan secara lokal. Salah satu pelaku bisnis yang merakit di Indonesia adalah BMW Group Indonesia. Merek asal Jerman itu sudah merakit enam model kendaraannya di pabrik Sunter, Jakarta Utara. Teranyar adalah Seri 7 yakni tipe 730Li.

Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, apa yang dilakukan pemain mobil mewah Jerman yang merakit produknya di Indonesia diharapkan bisa mengundang merek lain untuk melakukan hal serupa.

"Bayangkan, Indonesia ini seperti shopping mall, kalau enggak ada tenant-nya siapa yang mau datang, Nah kami harapkan dengan adanya BMW menambah variasi rakitan di sini bisa bikin yang lain tertarik," ujar Putu di Jakarta, Rabu 30 November 2016.

Putu berharap ke depannya BMW tidak hanya merakit kendaraan, namun komponen-komponennya bisa diproduksi di Indonesia. Hal ini tentu akan berimbas positif pada industri komponen dalam negeri.

"Kami lihat BMW menambah model mobilnya di sini. Kami harapkan kalau volume mobilnya lebih tinggi mereka mulai produksi beberapa komponennya. Komponen yang mirip ya di sini. Kan pasti ada komponen yang sama dalam mobil itu," pungkas dia.(mli)

(ton)
​