facebook pixel

Setelah Indonesia, Yamaha Aerox 155 Muncul di Thailand

Yamaha Aerox (Foto: Indianautosblog)

Yamaha Aerox (Foto: Indianautosblog)

BANGKOK - Yamaha Thailand resmi meluncurkan Aerox 155 bersamaan dengan berlangsungnya pameran Thai Motor Expo ke 33 di Thailand. Sebelumnya sepeda motor yang sama juga telah diluncurkan di Malaysia pada Oktober dan di Indonesia pada awal November. Negara lainnya yang juga akan menerima kedatangan motor jenis skuter matik (skutik) itu adalah Vietnam dan Filipina.

Diberitakan Indianautosblog, bahasa desain tubuh Yamaha Aerox 155 mirip dengan sepeda motor Yamaha seri MT. Adapun fitur-fitur standar yang ditawarkan Yamaha seperti ruang penyimpanan barang di bawah jok berkapasitas 25 liter serta lampu depan dan belakang menggunakan LED. Selain itu ada charger handphone dan instrumen panel serbadigital.

Khusus Aerox, varian tertinggi Yamaha sudah lengkap dengan sistem pengereman ABS, smart key, dan sistem start/stop untuk menyalakan mesin motor. Yamaha Aerox 155 memiliki ground clearance 140 milimeter dan tinggi kursi 790 mm. Versi standar beratnya mencapai 116 kilogram, versi R 117 kg, dan versi ABS seberat 118 kg.

Yamaha Aerox dibekali mesin 155 cc, silinder tunggal, SOHC berteknologi Blue Core. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga 15,09 ps pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,4 nm torsi pada 6.000 rpm. Di pasar Thailand Aerox akan dibanderol dengan harga mulai dari 63.900 baht atau sekira Rp24 juta sampai 73.900 baht atau sekira Rp28 juta.

Skutik yang diproduksi di Pabrik Yamaha di Indonesia ini akan bersaing dengan Honda Vario 150 cc yang telah lebih dulu dipasarkan. Vario 150 telah menggunakan ban tubeless dan fitur Answer Back System. Sistem pengereman Vario 150 telah mengadopsi tipe Combi Brake System (CBS) untuk membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal.

Vario 150 diperkuat mesin 150 cc berteknologi eSP (Enhanced Smart Power) yang diklaim memiliki performa lebih baik dari skutik lainnya. (san)

(ton)
​