facebook pixel

Toyota Innova Venturer Muncul, Bagaimana Nasib Tipe Lain?

Toyota all new Kijang Innova (Okezone)

Toyota all new Kijang Innova (Okezone)

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor (TAM), selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia, akan meluncurkan tipe terbaru dari Innova yaitu Venturer. Peluncuran dijadwalkan dilakukan pada Januari 2017. Nantinya Venturer menjadi tipe Innova tertinggi artinya tepat diatas tipe Q.

Kehadiran Venturer membuat banyak varian yang dimiliki Toyota Innova. Saat ini mobil keluarga tersebut memiliki tiga tipe yaitu G, V, dan Q atau bila di total sebanyak 12 varian. Lantas bila Innova Venturer sudah resmi dipasarkan, bagaimana nasib tipe Innova lainnya?.

"Jadi intinya di TAM ada marketing, ada bagian research dari sana nantinya ketemu dengan produk planning kalau butuh kayak gitu (tipe terendah) ya kami tetap pertahankan itu. Kami juga lihat efisiensinya, kalau kami punya 10 grade ternyata dari 10 ini orang cenderung pilih yang tipe tengah, terus kami analisa ada yang tinggi dan ada yang rendah. Misalnya ada grade yang di bawah 1%, secara otomatis kami akan matikan," ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta, belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Suryo itu mencontohkan bahwa dahulu Toyota memiliki truk Dyna tanpa power steering. Namun seiring kebutuhan, maka Toyota menghadirkan Dyna dengan power steering. Mulai dari situ penjualan Dyna tanpa power steering semakin lesu, jadi Toyota memutuskan untuk menghentikan pemasaran Dyna tanpa power steering.

"Kalaupun ada order cuma 10 dalam satu bulan. Tentunya sebelum kami membuang (menghentikan) kami akan berpikir terlebih dulu untuk ciptakan produk baru atau tidak ciptakan produk baru, ya jawabannya itu lewat research. Jadi apakah salah satu tipe Innova ada yang di buang, ya tergantung researchnya," terang Suryo.

Berdasarkan data TPT, ada dua tipe Toyota Innova Venturer yang didaftarkan yaitu 2.0 (4X2) M/T dan A/T serta 2.4 (4x2) M/T dan A/T. Masuk di kelas multi-purpose vehicle (MPV), Toyota Innova akan bersaing dengan Chevrolet Orlando, Nissan Grand Livina, Isuzu Panther, dan Proton Exora. (san)

(ton)