facebook pixel

TOP AUTOS: Toyota "Suntik Mati" Etios Valco & Innova Venturer Meluncur 2017

Toyota all new Kijang Innova (Okezone)

Toyota all new Kijang Innova (Okezone)

JAKARTATop autos hari ini, Kamis 1 November 2016, diwarnai kabar buruk dan baik dari PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merek mobil Toyota di Indonesia. Salah satu produk andalannya dari segmen citycar yaitu Etios Valco harus berhenti produksi dan penjualannya. Kabar baiknya, Innova akan kedatangan keluarga baru yaitu Venturer.

Toyota Etios Valco dihentikan bukan karena penjualan Etios Valco lesu. "Tidak drop (turun) tapi kami ingin effectiveness dari produk kami. Sekarang produk kami banyak. Line-up Toyota sudah ada 26 dan kami lihat effectiveness dari tiap-tiap produk seperti apa, suffix by suffix juga akan kami kurangi. Kalau dulu lebih banyak lagi, Innova saja ada 20 varian, kalau sekarang kira-kira cuma tinggal tiga terus dikalikan transmisi, dikalikan lagi dengan warna, engine, jadi tidak terlalu banyak," ujar Executive General Manager Vehicle Sales Planning PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto.

Dengan dihentikannya produksi Etios Valco, maka untuk ketersediaan unit di diler-diler sudah tidak ada lagi. Ada kemungkinan Toyota akan menghadirkan produk terbaru sebagai pengganti mobil perkotaan tersebut. "Tahun depan sudah tidak bisa pesan lagi. Untuk penggantinya ditunggu saja," jelas dia.

TAM memercayakan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) untuk memproduksi Etios Valco. Perakitannya dilakukan di pabrik TMMIN yang berada di Karawang, Jawa Barat. Etios Valco resmi hadir di Indonesia pada 2013.

Kemudian Fransiscus Soerjopranoto juga membeberkan bahwa Toyota akan meluncurkan Innova Venturer pada Januari 2017. Pria yang akrab disapa Suryo itu mengatakan, sama seperti di India yang memiliki Innova Crysta, nantinya di Indonesia juga akan memiliki Innova dengan tambahan nama di depannya.

"Kalau Crysta untuk India mereka buat sebelum meluncur, jadi nanti India punya, di Indonesia pun punya sendiri namanya Venturer," tambah Suryo sapaannya.

Meluncur pada 23 November 2015, Toyota all new Kijang Innova tersedia dalam tiga tipe yakni G, V, dan Q. Nantinya Innova Venturer berada di atas tipe Q.

"Posisinya paling atas, biar seru saja. Jadi sekarang Toyota itu lagi giat-giatnya ke konsumen, jadi akan kami provide lagi mobil-mobil yang kelas atas," jelas dia.

Dari data TPT ada dua tipe Toyota Innova Venturer yang didaftarkan yaitu 2.0 (4X2) M/T dan A/T serta 2.4 (4x2) M/T dan A/T. (san)

(ton)