facebook pixel

Perbedaan BMW Seri 7 Impor dan Rakitan Indonesia

Sedan BMW Seri 7 CBU dan lokal memiliki perbedaan mulai dari eksterior, interior, hingga mesinnya (Mali/Okezone

Sedan BMW Seri 7 CBU dan lokal memiliki perbedaan mulai dari eksterior, interior, hingga mesinnya (Mali/Okezone

JAKARTA - BMW Group Indonesia mulai merakit sedan mewah all new 730Li di Indonesia. Mobil ini menjadi pilihan baru selain model completely built up (CBU) BMW 740Li yang telah diluncurkan di Tanah Air sejak 2015.

Product Planning Manager BMW Group Indonesia Tami Notohutomo mengatakan, meski sama-sama lahir sebagai sedan paling mewah dari merek BMW, antara model CBU dan rakitan Indonesia memiliki beberapa perbedaan.

"Sekilas mungkin tak terlalu terlihat, tapi ada beberapa perbedaan, mulai eksterior, interior, hingga mesin yang digunakan. Dari eksterior, perubahan terlihat jelas di bagian pelek. Yang lokal modelnya berbeda," ujar Tami di Sunter, Jakarta Utara, Rabu 30 November 2016.

Perbedaan di bagian interior, lanjut dia, lebih terlihat dibandingkan pada bagian luar. All new BMW 730Li tak lagi mengadopsi fitur sky lounge (atap dengan lampu LED) seperti pada model 740Li.

"Pelapis kulit yang digunakan pun berbeda. BMW Seri 7 lokal pakai bahan Dakota leather, sementara 740Li pakai Nappa. Lalu speaker audio BMW 730Li pakai Harman Kardon, sementara yang CBU pakai Bowers and Wilkins. Sisanya semua fitur sama," ungkap Tami.

Ia menambahkan, jantung penggerak kedua mobil pun berbeda. All new BMW 730Li memakai mesin 2 liter sementara all new BMW 740Li mengandalkan mesin 3 liter.

Head of Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania menambahkan, perbedaan antara model BMW Seri 7 rakitan lokal dan CBU juga membuat harganya berbeda. All new BMW 740Li ditawarkan Rp2,089 miliar dan varian 740 Li Pure Excellence Rp2,499 miliar.

"Harga yang BMW 730Li ini belum final. Tapi memang kalau dirakit lokal harganya bisa terjangkau. Untuk CBU, kami tetap jual untuk jadi pilihan buat konsumen," tutup Jodie.

Sekadar diketahui, tak hanya BMW yang menawarkan mobil sedan termewah versi CBU di Indonesia. Merek Mercedes Benz juga menjual mobil pesaing Seri 7, yakni Mercedes Benz S Class rakitan lokal maupun versi CBU.(mli)

(ton)
​