Polisi Buru Pencuri yang Kabur Bawa Seember Emas Bernilai Rp21,6 Miliar

Pencuri yang bawa kabur seember emas. (Foto: NBC)

Pencuri yang bawa kabur seember emas. (Foto: NBC)

NEW YORK – Polisi New York (NYPD) tengah memburu seorang pria paruh baya yang mencuri seember emas. Barang berharga yang dicurinya itu memiliki bobot 36 kilogram dan jika dijual harganya bisa mencapai USD1,6 juta atau Rp21,6 miliar.

“Menurut saya, dia melihat ada peluang lalu mengambil ember itu dan berjalan pergi. Kemungkinan besar dia tidak tahu isi ember itu yang sebenarnya,” ujar Detektif NYPD, Martin Pastor, seperti dikutip dari BBC, Kamis (1/12/2016).

Dalam rekaman, terlihat seorang pria yang sama mondar-mondir di sekitar kendaraan. Ketika melihat barang-barang itu tidak dijaga, dia kemudian memboyong sebuah ember yang dilapisi logam hitam tanpa label.

Ember itu jelas sangat berat karena dia tampak kesusahan membawanya. Dengan santai, dia melewati dua orang yang berdiri di samping mobil dan menyeberang jalan.

Polisi menduga kuat pria dalam video itu sekarang sudah tidak berada di New York. Pastor menjelaskan, kemungkinan pelaku sudah kabur ke Miami, Florida.

Berdasarkan rekaman CCTV, ciri-ciri tersangka digambarkan sebagai berikut.

1. Pria hispanik

2. Tinggi: 167-170 cm

3. Berat: 68 kg

4. Usia antara 50-60 tahun.

Insiden ini terjadi di Midtown Manhattan, New York, pada 29 September 2016. Namun rekamannya baru beredar pada Rabu 30 November. Polisi menjelaskan, pelaku mengambil kesempatan saat dua penjaga truk mobil lapis baja sedang lengah.

Saat kejadian, seorang penjaga sedang mengantar barang, sedangkan yang satunya lagi sedang menerima telefon. Sementara itu, bak truk tertutup itu dibiarkan terbuka.

(Sil)
breaking news x