Hari AIDS Sedunia 2016, Dunia Makin Dekat dengan Vaksin HIV?

Dunia memperingati Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember. (Foto: Twitter/MMWR)

Dunia memperingati Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember. (Foto: Twitter/MMWR)

SETIAP 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, sebuah hari yang dicanangkan untuk mempromosikan kewaspadaan dan perhatian terhadap penyakit HIV dan AIDS sekaligus menggalakkan pendidikan serta penelitian untuk menanggulangi penyakit mematikan tersebut. Hari AIDS Sedunia juga dimaksudkan untuk mengenang 36 juta orang yang direnggut nyawanya oleh AIDS dan penyakit yang berkaitan dengan AIDS.

Di Amerika Serikat (AS), peringatan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember pertama kali diakui secara nasional sejak 1993 pada masa pemerintahan Presiden Bill Clinton. Sejak saat itu, selama 20 tahun, para pemimpin negara-negara di dunia lainnya mulai mengakui secara resmi pada setiap peringatannya.

Pada tahun ini, peringatan Hari AIDS Sedunia merayakan terobosan baru dalam penelitian medis serta pencegahan penyakit AIDS.

Di Afrika Selatan, tujuh juta orang terjangkit HIV, uji coba vaksin untuk virus tersebut sedang berjalan. Peneliti memperkirakan uji coba yang akan melibatkan 5.400 laki-laki dan perempuan yang aktif secara seksual itu akan menghasilkan vaksin HIV berlisensi pertama di dunia.

Meski saat ini ada obat-obatan pencegah penularan HIV seperti pre-exposure prophylaxis atau PrEP, data amfAR yang dilansir IB Times, Kamis (1/12/2016) mencatat setiap hari masih ada 5.753 orang yang terjangkit virus ini di seluruh dunia.

Hari AIDS Sedunia dikenali secara internasional dengan pita merah sebagai simbol persatuan global dalam perjuangan memerangi HIV dan AIDS.

(dka)
breaking news x