China Bangun Tiruan Kapal Titanic hingga Simulasi Kecelakaannya

Cover Film Titanic garapan James Cameron. (Foto: Youtube)

Cover Film Titanic garapan James Cameron. (Foto: Youtube)

QIJIANG – Pemerintah China sedang membangun tiruan Kapal Titanic dengan latar belakang Laut Mediterania di dekat Sungai Qijiang, Kabupaten Daying, Provinsi Sichuan. Kapal nahas yang terkenal itu akan dibuat dalam ukuran yang sebenar-benarnya.

Proyek ini didanai oleh Perusahaan Investasi, Romandisea Seven Star International. CEO Seven Star, Su Shaojun mengungkap, awalnya dana yang disiapkan untuk membangun situs wisata baru ini mencapai satu miliar yuan atau hampir Rp2 triliun. Namun kini pengeluarannya sudah lebih dari itu.

Meski begitu dia tidak keberatan untuk menginvestasikan uangnya pada proyek raksasa ini. Karena menurut dia, China membutuhkannya dan banyak orang akan tertarik untuk menjajaki hiburan semacam itu.

Dibocorkan Sky News, Kamis (1/12/2016), setelah jadi, para pengunjung tidak hanya bisa berjalan-jalan dan merasakan nuansa mewah di dalam kapal. Akan tetapi juga kelak akan bisa merasakan suasana mencekam tatkala kapal pesiar itu menabrak batuan es, terbelah dua dan tenggelam. Semua itu tentunya hanya sebatas simulasi.

Produser Hollywood veteran, Curtis Schneel yang andil dalam megaproyek ini mengatakan, pengerjaannya dibuat dengan sangat hormat. Sebab Titanic bermakna lebih dari sekadar kapal pesiar.

“Kami mencoba sebisa kami untuk membuatnya sangat mirip dengan aslinya. Masih ada masalah dalam beberapa hal. Kami juga tidak akan membangun setiap kamarnya. Tetapi badan dan tampilan luar kapal akan dibuat seakurat mungkin. Tentunya ada bagian dalam untuk wisata juga, tetapi detil interior hanya di ruang-ruang bersejarahnya,” papar Schneel.

Penduduk lokal juga berharap proyek ini dapat mengembangkan sektor perekonomian mereka. Agen properti Dan Yongwei juga optimis kapal Titanic itu akan membawa dinamika tersendiri dalam dunia industri dan pariwisata setempat.

“Jelas sekali proyek wisata ini akan mengundang perhatian turis dalam jumlah besar datang ke Daying,” ucapnya.

Tragedi Titanic menjadi populer setelah difilmkan oleh Hollywood pada 1997. Selain menjadi momen bersejarah karena kapal itu mengalami kecelakaan mematikan di hari pertama pelayarannya, bencana itu juga memiliki unsur romantisme.

Meski sudah lama ditayangkan, film yang menampilkan Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet sebagai peran utamanya ini tetap dicintai para penontonnya. Terutama di China, banyak kaum muda ikut menggandrungi kisah Titanic.

(Sil)
breaking news x