HISTORIPEDIA: Napoleon Menjadi Kaisar Pertama dalam Sejarah Prancis

Lukisan The Coronation of Napoleon karya Jacques-Louis David menggambarkan suasana penobatan Kaisar Pertama Prancis. (Foto: Wikipedia)

Lukisan The Coronation of Napoleon karya Jacques-Louis David menggambarkan suasana penobatan Kaisar Pertama Prancis. (Foto: Wikipedia)

PADA 2 Desember 1804, Napoleon Bonaparte dinobatkan menjadi Kaisar Prancis di Katedral Notre Dame, Paris. Dengan gelar Napoleon I, jenderal tersohor itu menjadi orang Prancis pertama yang bergelar kaisar dalam sejarah Negeri Mode.

Napoleon yang ingin membangun legitimasi untuk kekuasaan kekaisaran dengan keluarga kerajaan dan gelar bangsawan baru membuat sebuah upacara penobatan baru yang berbeda dengan upacara penobatan Raja Prancis. Biasanya, para Raja Prancis menjalani upacara penyucian bukan penobatan, dan pemberian minyak oleh Uskup Agung Reims. Sementara itu, upacara penobatan Napoleon dilakukan di katedral di depan Paus Pius VII.

Sebelum memasuki Notre Dame, Napoleon dan istrinya, Josephine, diberi jubah berwarna putih dengan hiasan benang-benang emas. Keduanya menumpang kereta yang ditarik delapan ekor kuda dengan pengawalan sepasukan grenadier dan pasukan elit.

Pada saat penyematan mahkota, Napoleon mengambil mahkota yang diberikan oleh Paus dan menyematkannya sendiri di kepalanya, kemudian menyematkan mahkota permaisuri kepada istrinya yang berlutut. Beberapa pihak penentangnya mengatakan tindakan ini adalah bentuk kesombongan dari Napoleon, namun apa yang dilakukannya diyakini merupakan simbol bahwa Napoleon menjadi Kaisar Prancis karena kekuatannya sendiri dan keinginan rakyatnya, bukan mandat dari gereja.

(dka)
1 / 3
breaking news x