Bioskop India Wajib Pasang Lagu Kebangsaan Sebelum Pemutaran Film

Siswa India memberi hormat ke bendera nasional sambil mendengarkan lagu kebangsaan. (Foto: AFP)

Siswa India memberi hormat ke bendera nasional sambil mendengarkan lagu kebangsaan. (Foto: AFP)

NEW DELHI – Mahkamah Agung India telah memerintahkan seluruh bioskop untuk memainkan lagu kebangsaan 'Jana Gana Mana' lengkap dengan pengibaran bendera sebelum pemutaran film. Para penonton juga wajib berdiri dengan hormat selama momen tersebut.

Jaksa Agung mengetok palunya pada Selasa 29 November. Untuk sementara waktu, kebijakan ini akan diuji coba di bioskop-bioskop di Maharashtra dan Goa. Ketika lagu diputar, pintu bioskop harus ditutup untuk mencegah penonton keluar-masuk.

MA menjelaskan, kebijakan ini dibuat demi menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air. Pasalnya, negara memandang kedua hal itu belakangan telah pupus dari sanubari masyarakat India.

"Rakyat perlu merasakan bahwa mereka tinggal di sebuah negara dan menunjukkan hormat kepada lagu kebangsaan, serta bendera nasional," kata jaksa, seperti dikutip dari The Guardian, Kamis (1/12/2016).

Dalam pembacaan keputusannya, pengadilan juga mengkritik betapa anak muda sekarang sering berlaku tidak hormat pada simbol-simbol negara atas nama kebebasan individu. Di samping itu, pengadilan melarang segala bentuk dramatisasi terhadap lantunan lagu kebangsaan apalagi mencetaknya pada objek yang tak patut, menggubah versi singkat dari lagu Jana Gana Mana atau mengambil keuntungan dari lagu tersebut.

Beberapa pihak menyambut baik kebijakan ini. Seperti yang diungkap Kepala Bioskop di Maharashtra, Nitin Datar. Namun sebagian masyarakat berpendapat menumbuhkan rasa nasionalisme seharusnya tidak melalui paksaan.

"Nasionalisme tidak berarti kami harus berdiri tegap setiap kali mendengar lagu kebangsaan diputar, tetapi bersiap untuk membela negara, membela apa yang benar. Lebih baik dorong kami untuk itu," ujar Surabhi, pemuda Delhi berumur 22 tahun.

Surabhi menambahkan, kebijakan itu juga sudah menyalahi tujuan utama masyarakat ke bioskop. "Kita kalau ke bioskop maunya tenang, santai, menyenangkan diri dan menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman. Lagu nasional boleh saja diputar sebelum pidato kenegaraan dimulai atau saat parade Republic Day, upacara di sekolah. Kalau sebelum film dimulai, tidak ada gunanya," tukas dia.

(rfa)
breaking news x