Kenali ASEAN, Kemlu Ajak Para Rektor Bentuk Pusat Studi ASEAN

(Foto: Afriani Susanti/Okezone)

(Foto: Afriani Susanti/Okezone)

JAKARTA - Indonesia telah resmi menjadi anggota pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Dimana situasi ini membuat negara-negara ASEAN bisa bersaing baik dalam barang maupun jasa.

Demi memperkenalkan tentang ASEAN lebih dalam, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengajak sejumlah rektor dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia membentuk Pusat Studi ASEAN (PSA).

Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN, Duta Besar Jose Tavares menuturkan acara yang mengundang para rektor ini adalah untuk penandatanganan pembentukan Pusat Studi ASEAN.

"Pada hari ini akan dilakukan penandatanganan untuk membentuk Pusat Studi ASEAN (PSA)," ungkapnya di Ruang Nusantara, Kemlu, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Sejumlah perguruan tinggi yang turut hadir dalam acara ini di antaranya Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Universitas Lampung (Unila), sampai Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jose menjelaskan dalam acara yang bertema "Memperkuat Peran Pusat Studi ASEAN sebagai Mitra Dalam Era Masyarakat ASEAN" ini adalah untuk bisa memperkuat jaringan di kawasan ASEAN.

"Dalam kaitan ini, Kemlu dan Sekertariat ASEAN perlu untuk mengambil peluang dalam kesempatan ini. Dan dimanfaatkam secara maksimal," tambahnya.

(sus)
breaking news x