Moratorium UN, Mendikbud: Saya Meneruskan Kebijakan Sebelumnya

Muhadjir Effendy (Foto: Okezone)

Muhadjir Effendy (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi X DPR RI menilai, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy kerap membuat kebijakan yang kontroversial. Atas anggapan tersebut, Muhadjir mengklaim dirinya tidak mengganti kebijakan, namun hanya meneruskan program dari menteri sebelumnya.

"Saya tidak bermaksud gonta-ganti kebijakan. Moratorium UN justru meneruskan kebijakan menteri sebelumnya. Karena tujuan UN 2016 adalah sebagai pemetaan. Dan saya ingin menyelesaikan peta itu," paparnya dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI, Kamis (1/12/2016).

Muhadjir menjelaskan, hasil pemetaan pendidikan dari UN 2016 yang sudah dia kantongi akan menjadi acuan untuk langkah berikutnya.

"Sehingga tugas kami sekarang adalah melakukan pembenahan berdasarkan hasil pemetaan itu dengan cara moratorium," tuturnya.

Dengan treatment yang akan dilakukan, kata Muhadjir, maka pemetaan tidak perlu dilakukan setahun sekali. Kendati demikian, jika benar dilakukan ke depan moratorium UN akan kembali dikaji.

"Moratorium UN 2017 untuk sementara, nanti akan dikaji lagi. Kalau memang baiknya dihapuskan, bukan tidak mungkin," pungkasnya.

(sus)
breaking news x