facebook pixel

Kenali Risiko Terjang Banjir Selain Mobil Mogok

Ilustrasi banjir (foto: Okezone)

Ilustrasi banjir (foto: Okezone)

JAKARTA - Akibat intensitas hujan tinggi beberapa wilayah saat ini banyak yang mengalami banjir. Bagi pengemudi mobil, banjir yang melanda beberapa wilayah tentu menjadi masalah besar. Terutama banjir yang berada di wilayah dekat laut.

Biasanya banjir yang terjadi dekat wilayah laut, memiliki kadar garam yang cukup tinggi. Hal tersebut tentu bisa menimbulkan korosi pada kendaraan, seperti di bagian mesin sasis, hingga bagian bawah bodi mobil.

"Pada wilayah tertentu seperti yang dekat dengan laut, perlu diperhatikan risiko kendaraan terkena korosi karena banjir air dekat laut memiliki kadar garam yang tinggi." ungkap Iwan Abdurrahman, mekanik Toyota Astra Motor, kepada Okezone Jumat (2/12/2016).

Ia menambahkan, jika kondisi tersebut dibiarkan maka akan berbahaya dimana bagian mesin ataupun rangka akan keropos dengan sendirinya. Kondisi tersebut bisa mempengaruhi keamanan dan keselamatan mobil

Karenanya, saat mobil habis melewati genangan banjir yang berada dekat wilayah laut, baiknya langsung cuci kendaraan hingga bagian bawah mobil. Tujuannya agar air dengan kadar garam tinggi yang menempel tidak menyebabkan korosi.

"Langsung cuci mobil, khususnya bagian bawah, untuk mencegah terjadinya korosi." paparnya.

(ton)
​