facebook pixel

Kemenperin: Mobil Pedesaan untuk Gantikan Grandong

Mobil penggiling padi (segalamesin.com)

Mobil penggiling padi (segalamesin.com)

JAKARTA - Tak hanya membahas pajak barang mewah kendaraan bermotor berdasarkan kadar emisi karbon yang dihasilkan, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga membahas adanya mobil khusus masyarakat pedesaan.

Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan, mobil pedesaan dibuat untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat pedesaan.

"Sebetulnya itu (mobil pedesaan) untuk mengganti kendaraan, kalau di Jawa Timur itu ada namanya grandong. Itu ada penggilangan beras yang ditaruh di atas sasis mobil, lalu bisa jalan, seperti itu sebenarnya," jelas Putu, beberapa waktu lalu.

Ia mengharapkan, adanya mobil pedesaan bisa membuat masyarakat lebih mandiri serta dapat mendukung usaha pertanian agar lebih berkembang.

Soal jenisnya, jelas Putu, mobil tersebut akan berwujud pikap atau mobil gandeng berkuran kecil (trailer). "Justru kami bikin kendaraan yang layak jalan, bisa pikap atau mobil yang buat narik,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, saat ini pihaknya masih dalam pembuatan prototipe. Jika dianggap sudah cocok maka akan diluncurkan.

"Mobil pedesaan itu masih dalam tahap prototiping. Masih dipilih mana yang paling cocok. Tapi yang jelas, konsep mobil pedesaan adalah bukan kami mau bikin mobil secara besar-besaran," pungkas dia.

(ton)